Aduuh, drop tank MiG-29 Polandia copot di udara dan jatuh di wilayah pemukiman: Diduga bukan kesalahan pilot

NATO

AIRSPACE REVIEW – Sebuah jet tempur MiG-29 Angkatan Udara Polandia kehilangan tangki bahan bakar eksternal (drop tank)-nya saat melaksanakan penerbangan pelatihan.

Drop tank itu jatuh beberapa ratus meter di dekat bangunan tempat tinggal di Kurowo Braniewskie.

Komando Umum Angkatan Bersenjata Polandia menyatakan dalam rilisnya, drop tank yang jatuh tidak berisi bahan bakar alias kosong.

“Ada kehilangan tangki bahan bakar. Tangki itu kosong dan jatuh beberapa ratus meter dari bangunan perumahan. Tidak ada yang terluka akibat insiden itu,” tulis Komando Umum Angkatan Bersenjata Polandia (DG RSZ) di X.

Kota Kurowo Braniewskie terletak di wilayah Polandia utara, berjarak 30 km dari perbatasan Polandia dengan Rusia, dekat Kaliningrad. Peristiwa ini juga dilaporkan oleh kantor berita Rusia, TASS.

Temuan awal dari laporan menunjukkan bahwa pilot telah bertindak sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Penyebab insiden yang tidak menimbulkan korban jiwa ini segera diselidiki oleh Komisi Investigasi Kecelakaan Pesawat Negara.

Sebelumnya diberitakan, Polandia masih memiliki kurang lebih 28 unit MiG-29 tua. Setelah dari jumlah tersebut disumbangkan ke Ukraina untuk diterbangkan maupun dijadikan suku cadang.

Pada awal 2019 Polandia telah memutuskan untuk membeli 32 jet tempur siluman F-35A Lightning II dari Amerika Serikat sebagai pengganti armada MiG-29 dan Su-22.

Amerika Serikat pun telah mengumumkan izin penjualan 32 F-35A berikut paket pendukungnya kepada Warsawa. Hal ini diungkapkan Badan Kerja Sama Keamanan Pertahanan AS di lamannya pada Selasa, 10 September 2019.

Ditaksir, nilai penjualan pesawat F-35 berikut paketnya tersebut mencapai 6,5 miliar dolar AS. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *