Dua kapal patroli kelas Acero baru buatan Israel resmi memperkuat Angkatan Laut Filipina

Kapal Patroli kelas Acero FilipinaPhilippine MoD

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Laut Filipina (PN) resmi mengoperasikan dua kapal FAIC (fast attack interdiction craft) tambahan yang dilengkapi dengan sistem rudal canggih Spike NLOS (non-line of sight), Kantor Berita Filipina (PNA) melaporkan pada 22 Mei 2024,

Upacara pengoperasian kapal baru yang dinamai BRP Herminigildo Yurong (PG-906) dan BRP Laurence Narag (PG-907) tersebut berlangsung di Pangkalan Angkatan Laut Jose Andrada di Roxas Boulevard, Manila.

Dengan tambahan BRP Herminigildo Yurong dan BRP Laurence Narag, PN kini mengoperasikan enam kapal perang kelas Acero.

Dua yang pertama, BRP Nestor Acero (PG-901) dan BRP Lolinato To-Ong (PG-902), diserahkan pada September 2022 dan dioperasikan dua bulan kemudian.

Sementara FAIC ketiga dan keempat, yakni BRP Gener Tinangag (PG-903) dan BRP Domingo Deluana (PG-905), diserahkan pada bulan April 2023 dan dioperasikan pada bulan Mei.

PN mengantisipasi pembangunan dan pengiriman tiga kapal perang kelas Acero yang tersisa dalam dua tahun ke depan, total menjadi sembilan FAIC.

Navy Recognition melansir empat kapal akan dilengkapi dengan rudal NLOS dengan akurasi tepat dan jangkauan 25 km. Lima kapal lainnya akan dipersenjatai dengan kanon utama 30 mm dan senapan mesin berat kaliber 12,7 mm.

Dirancang untuk mengatasi tantangan unik lanskap maritim Filipina, kapal-kapal ini memungkinkan pengerahan cepat dan proyeksi kekuatan, memperkuat pencegahan, dan menegakkan keamanan maritim di seluruh perairan Filipina.

Kapal perang patroli kelas Acero memiliki bobot perpindahan penuh sebesar 95 ton. Berukuran panjang 32,65 m, memiliki lebar 6,2 m dan draft 1,25 m. Awak kapal perang ini berjumlah 12 orang.

Kapal ditenagai dengan dua mesin diesel MTU 16V 4000 M70, ditambah dengan dua waterjet MJP-J650.

Sistem propulsi ini memungkinkan kapal mencapai kecepatan maksimum 40 knot. Saat melaju dengan kecepatan jelajah 15 knot, kapal memiliki jangkauan 1.000 mil laut. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *