Setengah abad lalu YF-16 pertama kali dicat seperti ini, dan kini Tim Demo F-16 Viper USAF menampilkannya lagi

USAF

AIRSPACE REVIEW – Tim Demonstrasi F-16 Viper Angkatan Udara AS (USAF) pada 15 Mei 2024 meluncurkan cat baru F-16 mereka untuk merayakan ulang tahun ke-50 penerbangan pertama YF-16.

YF-16 adalah prototipe F-16 yang lepas landas pertama kali secara tidak direncanakan (awalnya hanya untuk melakukan speed taxi) dari Pangkalan Angkatan Udara Edwards, California pada bulan Januari. 20, 1974.

Jet F-16 demo ini menampilkan corak baru merah, putih, dan biru ikonik yang sama dengan YF-16, tetapi dengan beberapa perubahan seperti “Viper Demo” dan “20th Fighter Wing” yang menunjukkan satuan tim di Shaw Air Force Base, S.C. (terlihat dari kode SW) tertulis di bagian ekor.

USAF mengatakan, biasanya pengecatan seperti itu memakan waktu sekitar tiga bulan, namun tim demo dan 412th Test Wing yang berbasis di Edwards AFB berhasil melakukannya dalam waktu kurang dari delapan minggu.

“Ketika saya dipekerjakan menjadi komandan dan pilot pada musim panas tahun lalu, saya telah menyatakan bahwa saya berharap menemukan cara agar pesawat kami dicat sesuai skema prototipe untuk membawa Amerika kembali ke awal cerita itu. dimulai 50 tahun yang lalu,” kata Kapten Taylor Hiester, Komandan Tim Demo F-16 Viper USAF dalam rilis yang dibagikan.

Pengecatan baru ini dilakukan sekitar empat bulan setelah Edwards AFB mengecat ekor salah satu F-16 dengan warna yang sama, juga untuk merayakan penerbangan pertama jet tersebut.

“Camo khusus ini mewakili warisan 50 tahun F-16 dan tim Skuadron Uji Penerbangan ke-416 yang memastikan Viper tetap dominan selama beberapa dekade mendatang,” tulis Edwards AFB dalam postingan di Facebook tanggal 22 Januari lalu.

Tony Accurso, Manajer Logistik untuk Skuadron Uji Penerbangan ke-416 yang mengarahkan acara HUT ke-50 F-16 di Edwards, menjabat sebagai penasihat sejarah untuk proyek pengecatan tim demo. Wing Uji ke-412 menggunakan citra arsip untuk menciptakan kembali setiap detail skema cat asli.

“Semua orang di Edwards mempunyai rasa bangga yang besar karena tidak hanya mendukung Tim Demo Viper tetapi juga merayakan ulang tahun ke-50 F-16 yang dimulai di sini, di Edwards pada tahun 1974,” kata dia.

Foto-foto yang dirilis oleh USAF menunjukkan Hiester mengendarai jet yang baru dicat untuk berputar di atas Rogers Dry Lake. Setengah abad sebelumnya, di danau yang sama, pilot uji General Dynamics Phil Oestricher membawa YF-16 ke landasan untuk uji taksi berkecepatan tinggi.

Pesawat mencapai kecepatan yang membuatnya tidak stabil, ujung sayapnya membentur landasan pacu dan mengeluarkan percikan api.

Oestricher memutuskan hal paling aman untuk dilakukan adalah menerbangkan jet tersebut ke udara, di mana ia terbang mengelilingi enam menit sebelum mendarat.

Setelah dilakukan tune-up, jet tersebut melakukan penerbangan resmi pertamanya pada 2 Februari 1974, namun penyelidikan memuji Oestricher karena menyelamatkan prototipe tersebut, menurut Edwards.

Bertahun-tahun setelahnya, F-16 telah membuktikan dirinya sebagai platform yang berhasil dalam pertempuran udara ke udara, dukungan udara jarak dekat, penindasan pertahanan udara musuh, dan akrobatik udara, sebagaimana dibuktikan oleh Thunderbirds Angkatan Udara dan Tim Demonstrasi Viper. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *