Skunk Works rilis gambar pesawat tanker siluman baru untuk Angkatan Udara AS

Via Aviation Week

AIRSPACE REVIEW – Skunk Works, bagian dari Lockheed Martin, telah merilis gambar konsep pesawat tanker siluman baru di tengah ketidakpastian tentang rencana pengembangan tanker generasi baru Angkatan Udara AS (USAF).

Aviation Week pertama kali menerbitkan gambaran tanker canggih Skunk Works tersebut. Pesawat terlihat sedang mengisi bahan bakar untuk jet siluman F-35.

Seperti diketahui, USAF mengatakan mereka membutuhkan lebih banyak pesawat tanker generasi baru paling lambat pada tahun 2040 mendatang.

Namun proyek yang dikenal sebagai Next Generation Air-Refueling System (NGAS) ini diliputi ketidakpastian mengenai anggaran pengembangannya.

NGAS adalah pesawat tanker yang dirancang untuk menghadapi tantangan serius untuk bertahan dalam lingkungan anti-akses dan penolakan udara dalam pertempuran besar di masa depan.

Pada saat yang sama, pengisian bahan bakar di udara akan sangat penting dalam konflik-konflik tersebut untuk mendukung jet tempur taktis yang tidak dibangun untuk berperang jarak jauh.

Kembali ke gambar konsep tanker siluman Skunk Works, desain tersebut menunjukkan sayap lebar besar yang akan menampung sejumlah besar bahan bakar untuk mendukung misi pengisian bahan bakar di udara.

Lalu asupan udara mesin yang menyatu antara pangkal sayap dengan badan pesawat, untuk mengurangi citra radarnya.

Dilihat dari desain kokpitnya, pesawat tanker ini akan memiliki dua atau empat awak, kemungkinan dua orang duduk berdampingan di kokpit depan dan belakang.

Di antara fitur paling menarik yang digambarkan dalam rendering tanker baru ini adalah apa yang tampak seperti boom pengisian bahan bakar udara yang dipasang di tengah di bawah badan pesawat.

Ini berbeda dengan semua pesawat tanker konvensional saat ini, di mana sistem boom dipasang di bawah ekornya.

Tampaknya boom tersebut dapat disimpan secara internal, atau setidaknya sangat rata dengan bagian bawah badan pesawat, hal ini juga untuk mengurangi citra radarnya.

Selain Lockheed Martin, perusahaan Boeing dan JetZero yang berkolaborasi dengan Northrop Grumman juga menawarkan desain tanker siluman model BWB (blended wing body). -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *