Museum Teknis Tolyatti di Oblast Samara, taman kendaraan dan jet tempur Rusia

Museum Teknis Tolyatti Rusia_ Airspace ReviewIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Museum Teknis AvtoVAZ adalah sebuah museum yang berada di Kota Tolyatti, Oblast (Provinsi) Samara, Rusia. Oleh karenanya, museum ini sering disebut sebagai Museum Teknis Tolyatti, walau nama resminya saat ini adalah Kompleks Taman Sejarah Teknologi K.B. Sakharov.

Kota Tolyatti, atau disebut juga Togliatti, sebelumnya bernama Stavropola. Ini adalah kota terbesar di Rusia yang bukan merupakan pusat administrasi subjek federal. Jumlah Penduduknya berkisar kurang lebih 700.000 jiwa.

Kota Tolyatti terkenal sebagai kota produsen mobil terbesar Rusia AvtoVAZ (Lada). Karena alasan ini, Tolyatti sering dijuluki sebagai “Kota Motor Rusia” atau “Motown Rusia” seperti halnya Detroit di Amerika Serikat.

Pabrik AvtoVAZ yang menjadi salah satu pabrik mobil terbesar di dunia, merupakan sebuah objek wisata. Dari situ AvtoVAZ memutuskan untuk membangun sebuah museum yang dapat dikunjungi para pelancong dari seluruh dunia. Rencana pembangunan museum mulai dirintis pada tahun 1998 dan kemudian dibuka secara resmi pada tahun 2001 sebagai Museum Teknis AvtoVAZ.

Museum ini berdiri di atas lahan 380.000 meter persegi dengan ruang pameran outdoor lebih luas dibandingkan ruang pamer dalam ruangan. Di museum ini terdapat sekitar 500 kendaraan Soviet/Rusia dari berbagai jenis, meliputi mobil, lokomotif kereta api, kapal, pesawat terbang, dan beragam kendaraan militer.

Berbagai kendaraan Lada AvtoVAZ dan Zhigulis terdapat di sini. Ada pula kapal selam kelas Tango sepanjang 90 m. Kapal selam ini dipindahkan dari St Petersburg ke Tolyatti pada tahun 2005 dan sebagian interiornya dibuka untuk umum pada tahun 2018.

Kendaraan-kendaraan militer dari era Perang Dunia I dan Perang Dunia II juga banyak yang menjadi koleksi museum ini. Pada tahun 2003, sebuah penjelajah dan kendaraan luar angkasa juga melengkapi museum ini.

Pada tahun 2010, nama pendiri utama museum ini, yaitu K.G.Sakharov (mantan Wakil Presiden bagian Pengembangan Teknis AvtoVAZ), turut ditabalkan ke museum ini. Selanjutnya pada tahun 2014 pengelolaan museum dialihkan ke Pemerintah Kota Tolyatti.

Pada saat itu rencana modernisasi dan peningkatan diumumkan. Nama museum pun diubah menjadi Kompleks Taman Sejarah Teknologi K.G. Sakharova. Namun demikian museum ini masih sering disebut sebagai Museum Teknis AvtoVAZ atau Museum Teknis Tolyatti. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *