Setelah 14 tahun kapal induk nuklir USS George Washington akan berlayar ke Argentina, isyarat pemulihan hubungan AS dan menolak pengaruh Tiongkok

USS George Washington CVN-73US Navy

KAPAL INDUK NUKLIR Angkatan Laut Amerika Serikat USS George Washington (CVN-73) akan melaksanakan pelayaran kontinental melalui perairan lepas pantai Argentina pada bulan Mei mendatang. Pelayaran ini akan melalui beberapa negara lain dan terakhir kali dilakukan kapal induk ini ke wilayah Amerika Latin pada 2010 silam.

Pelayaran ini dianggap di Buenos Aires sebagai isyarat pemulihan hubungan pemerintahan Presiden AS Joe Biden, untuk menolak kemajuan Tiongkok di wilayah tersebut.

Surat kabar Clarín melaporkan bahwa kedatangan kapal induk yang memimpin Armada Ketujuh Amerika Serikat yang berbasis di Jepang ini merupakan tonggak sejarah dalam postur Argentina dan merupakan penyeimbang terhadap pengaruh Tiongkok yang telah berkembang di Amerika Selatan.

Di bawah kepemimpinan Javier Milei, Argentina akan menjadi pion Washington untuk menghalangi rencana integrasi kontinental yang terutama didukung oleh Brasil.

Menurut publikasi tersebut, karena undang-undang saat ini yang memerlukan persetujuan Kongres Nasional untuk masuknya kapal militer asing ke pelabuhan nasional, USS George Washington tidak akan berlabuh, tetapi akan berlabuh di perairan dekat ibu kota Argentina.

Kapal induk tersebut dijadwalkan tiba pada Mei tahun ini. Dikabarkan pula Miley dan perwakilan pemerintah Argentina akan mengunjungi kapal Amerika tersebut dan tiba dengan helikopter.

Rencana kedatangan kapal induk USS George Washington disinyalir mewakili lebih dari sekedar kunjungan militer, namun melambangkan penataan kembali diplomasi Argentina yang dapat menimbulkan dampak jangka panjang terhadap geopolitik Amerika Latin.

Ketika kondisi politik internasional masih bergejolak, perhatian dunia beralih ke Argentina dan gelombang yang ingin ditimbulkan oleh kepemimpinan barunya.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *