Portugal tingkatkan P-3 Orion-nya ke Kanada

P-3 Orion PortugalGDMSC

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pesawat pertama dari lima P-3C Orion MPA (Maritime Patrol Aircraft) milik Angakatan Udara Portugis (Força Aerea Portuguesa/FAP) belum lama ini tiba di Halifax Kanada untuk program modifikasi dan peningkatan.

Pesawat berseri 14808 dan bertanda khusus Esquadra 601 Lobos (Wolves) ini akan dimodernisasi oleh General Dynamics Mission Systems–Canada (GDMSC) dan IMP Aerospace & Defense.

Kedua perusahaan tersebut akan mengganti sistem komunikasi Link 16, transponder (perangkat komunikasi elektronik), dan memasang sistem misi baru dengan kapasitas untuk evolusi lebih lanjut.

Selanjutnya P-3C tersebut diharapkan kembali ke Portugal pada kuartal pertama-2024 untuk menyelesaikan pekerjaan modifikasi tahap terakhir di Base Aérea (BA) 11 Beja, Scramble Magazine mewartakan (30/10).

Empat P-3C Orion yang tersisa diperkirakan akan ditingkatkan pada periode hingga 2025.

Mengenai P-3 Orion ini adalah pesawat pengintai maritim dan antikapal selam turboprop bermesin empat yang dikembangkan untuk Angkatan Laut AS yang diperkenalkan pada tahun 1962.

Dibangun oleh Lockheed (kini Lockheed Martin) mendasarkannya pada pesawat komersial L-188 Electra. Total sebanyak 757 unit pernah dibuat.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *