Swedia tingkatkan Gripen C/D ke varian E senilai 52,6 juta USD, langkah penting mempertahankan kemampuan

Gripen ESaab

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Administrasi Materiel Pertahanan Swedia (FMV) telah memberikan kontrak kepada Saab untuk peningkatan armada Gripen C/D ke varian E yang lebih canggih.

Dalam kesepakatan senilai SKr579 juta (52,6 juta USD) tersebut, Saab akan merancang lingkungan pengembangan dan simulasi baru untuk jet tempur tersebut, sekaligus mengembangkan sistem pendukung baru yang akan menyelaraskan unit Gripen C/D ke varian E.

Saab juga akan mengirimkan peralatan dan perangkat keras tambahan untuk pesawat tersebut.

Ini adalah pesanan tambahan yang datang setelah kontrak FMV untuk mengembangkan dan menguji perawatan belakang Gripen C/D dan menyatukan varian C, D, dan E enam bulan lalu.

Gripen C/D Saab adalah pesawat tempur ringan multi-peran bermesin tunggal yang dapat melakukan berbagai peran tempur, termasuk misi udara ke udara, udara ke darat, dan pengintaian.

“Peningkatan Gripen C/D merupakan langkah penting dalam mempertahankan kemampuan operasional tingkat tinggi di dunia yang penuh gejolak ini,” kata Lars Tossman, Kepala Divisi Aeronautika Saab dalam pernyataannya. “Hal ini juga penting agar Gripen C/D dapat beroperasi setelah tahun 2030,” lanjut dia.

Saat ini, Swedia mengoperasikan 95 unit JAS 39 Gripen C/D yang dibeli antara tahun 1996 dan 2007. Varian ini dilengkapi rangkaian layar elektronik EP-17 termasuk tiga layar multifungsi untuk data taktis dan peta yang ditumpangkan. Jet Gripen C/D mampu terbang hingga kecepatan 1,2 Mach.

Belum lama ini Saab juga telah mengirimkan pesawat Gripen E pertama ke FMV. Saab menyatakan, sebanyak 30 Gripen E sedang dalam proses produksi atas pesanan FMV. Pesawat ini dijadwalkan memasuki layanan Angkatan Udara Swedia pada tahun 2025.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *