Selain mengerahkan A-10, AS juga mengirimkan armada F-15E Strike Eagle ke Timur Tengah

USAF F-15E RAF LakenheathUSAF

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Selain mengerahkan A-10 Warthog, Amerika Serikat juga telah mengirimkan armada F-15E Strike Eagle ke Timur Tengah. Hal ini dilakukan AS sebagai bentuk dukungannya terhadap Israel yang sedang berperang melawan Hamas sejak 7 Oktober lalu.

Angkatan Udara AS (USAF) menyatakan, kawanan F-15E yang dikerahkan dari Timur Tengah berasal dari Pangkalan RAF Lakenheath di Inggris.

Namun USAF tidak menyebutkan pangkalan udara mana di Timur Tengah yang digunakan oleh F-15E USAF tersebut.

Dikatakan bahwa armada jet tempur F-15E Strike Eagle telah tiba di Timur Tengah pada 13 Oktober lalu.

Pengerahan armada F-15E merupakan bagian dari paket pasukan yang lebih luas yang dimobilisasi setelah serangan Hamas terhadap Israel pada Sabtu pagi.

“Sistem canggih dan kemampuan penargetan pesawat ini memungkinkan pasukan AS untuk merespons krisis atau keadaan darurat apa pun dan, jika perlu, menghadapi dan mengalahkan musuh,” kata Air Force Central (AFCENT) dalam sebuah pernyataannya terkait kedatangan F-15E di Timur Tengah.

Para pejabat AS mengatakan, pesawat tempur siluman F-35 Lightning II milik USAF kemungkinan juga akan dikerahkan ke Timur Tengah terkait eskalasi yang meningkat antara Israel dan militan Hamas di Jalur Gaza.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *