Perkuat AL Filipina: USS Monsoon dan USS Chinook berganti nama menjadi BRP Valentin Diaz (PS-177) dan BRP Ladislao Diwa (PS-178)

BRP Valentin Diaz PS-177 dan BRP Ladislao Diwa PS-178DND

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Filipina (PN) meresmikan pengoperasian dua kapal patroli baru kelas Cyclone sumbangan dari Pemerintah Amerika Serikat. Hibah kapal ini sebagai bagian dari Program Excess Defense Articles (EDA).

Peresmian ini dilakukan dalam sebuah upacara pada 11 September 2023 di Markas Besar Angkatan Laut Filipina di Manila.

Menteri Pertahanan Filipina Gilbert Teodoro Jr. dan Duta Besar AS untuk Filipina MaryKay Carlson hadir dalam acara tersebut, juga para Perwira Tinggi Angkatan Laut Filipina, seperti diwartakan APDJ (13/9).

Kapal yang diberi nama BRP Valentin Diaz (PS-177) dan BRP Ladislao Diwa (PS-178) itu masing-masing dulunya adalah USS Monsoon (PC-4) dan USS Chinook (PC-9) milik Angkatan Laut AS.

Kedua kapal tersebut diberi nama sesuai dengan nama salah satu pendiri organisasi revolusioner Katipunan yang berperang dalam perang kemerdekaan melawan Spanyol pada tahun 1898.

Kapal-kapal tersebut bergabung dengan kapal sejenis yang diresmikan pada tahun 2004, yaitu BRP General Mariano Alvarez (PS-38) yang dulunya adalah USS Cyclone (PC-1).

Secara kolektif, ketiga kapal tersebut kini akan disebut sebagai kapal patroli kelas Alvarez dan saat ini merupakan aset terbesar Pasukan Tempur Littoral Angkatan Laut Filipina.

Untuk spesifikasinya, kapal memiliki panjang 55 m dan bobot berbobot sekitar 335 ton, dengan awak 28 personel ditambah akomodasi untuk satu regu operator pasukan khusus.

Kapal dipersenjatai dengan dua sistem senjata kendali jarak jauh MK.38 Mod.2 dilengkapi kanon M242 Bushmaster 25 mm.

Lalu tiga senapan mesin berat M2 12,7 mm yang dioperasikan secara manual, dan dua senapan mesin serba guna M240 7,62 mm yang dapat dipertukarkan dengan peluncur granat otomatis 40 mm.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *