Produksi pertama badan heli AH-6 Little Bird buatan Korean Air untuk Boeing

AH-6I Little BirdKorean Air

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Korean Air Aerospace mengirimkan badan helikopter AH-6 Little Bird produksi pertama pesanan Boeing.

Seperti diketahui, Korean Air menandatangani perjanjian dengan Boeing pada Desember 2021 untuk memproduksi total delapan badan helikopter AH-6 untuk dikirimka ke Angkatan Bersenjata Thailand.

Departemen Pertahanan AS telah menyediakan dana untuk Boeing pada Februari 2022, memungkinkannya untuk mulai membangun delapan helikopter Boeing AH-6I.

Thailand memesan helikopter tersebut pada September 2019 setelah Komite Ekspor Senat AS menyetujui penjualannya.

Helikopter dikirim melalui Amerika Serikat. Heli ini akan akan menggantikan peran AH-1F Cobra yang sudah ketinggalan zaman.

AH-6I adalah helikopter serang dan pengintai ringan turunan dari AH-6 Little Bird, yang dibuat oleh MD Helicopter. Namun, varian I dilengkapi dengan teknologi canggih yang dapat ditemukan pada Boeing AH-64E Apache.

Bagi Korean Air, membuat badan heli AH-6 bukanlah pengalaman pertama.

Sebelumnya pada kurun 1977-1988, Korean Air memproduksi helikopter 500MD pertama di negara itu dan menjual total 309 helikopter 500MD ke militer, organisasi publik, serta perusahaan swasta.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *