Airbus DS pamerkan mockup Eurodrone di Paris Air Show 2023

Eurodrone di Paris Air Show 2023Airbus DS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam perhelatan Paris Air Show 2023 yang berlangsung pada 19-25 Juni di Le Bourget, Prancis, perusahaan kedirgantaraan Airbus Defence and Space GmbH (Airbus DS) memboyong mockup 1:1 Eurodrone.

Eurodrone adalah Remotely Piloted Aircraft System (RPAS) jenis Medium Altitude Long Endurance (MALE) dengan kemampuan serbaguna dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan misi.

Perusahaan mengatakan, ini adalah sebuah platform yang sempurna untuk misi Intelligence, Surveillance Target Acquisition and Reconnaissance (ISTAR) atau juga operasi keamanan dalam negeri.

Mengenai karakteristiknya, Eurodrone berdimensi panjang 16 m, rentang sayap 26 m, Berat Lepas Landas Maksimum (MTOW) 11.000 kg, dengan kapasitas muatan 2.300 kg.

Eurodrone dibekali sepasang mesin turboprop yang ditempatkan di bagian belakang. Kecepatan jelajahnya sekitar 500 km/jam dan ketinggian terbang maksimum 13.700 m.

Varian intai bersenjata Eurodrone dapat membawa beragam senjata berpemandu presisi tinggi baik jenis rudal atau bom pintar.

Pada Februari 2022 tahun lalu, Airbus DS dan Organisasi untuk Kerjasama Persenjataan Gabungan (OCCAR) telah menandatangani kontrak global Eurodrone, yang mencakup pengembangan dan pembuatan 20 sistem dan 5 tahun dukungan dalam layanan awal.

Baca: Prototipe Eurodrone segera dibangun oleh Airbus dan OCCAR

Airbus DS bertindak sebagai perwakilan dari tiga Major Sub-Contractors (MSC) Airbus DS SAU di Spanyol, Dassault Aviation di Prancis dan Leonardo SpA di Italia.

Sementara OCCAR bertindak atas nama empat negara pengguna Jerman, Prancis, Italia, dan Spanyol.

Fasilitas Airbus DS di Manching, Jerman telah ditetapkan sebagai tempat perakitan akhir dan pengujian darat untuk Eurodrone.

Penerbangan pertama Eurodrone dijadwalkan pada 2025, sebelum pengiriman pertama pada 2028 dengan kontrak jangka panjang selama 60 tahun.

Menjadi pengguna utama Eurodrone adalah Angkatan Udara Jerman untuk 21 unit, Angkatan Udara dan Luar Angkasa Prancis 12 unit, Angkatan Udara Italia 15 unit, dan Angkatan Udara Spanyol sebanyak 12 unit.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *