Rusia luncurkan serangan rudal jelajah Kalibr dari Laut Hitam, alarm menyala di Ukraina

Peluncuran rudal KalibrAP

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Rusia meluncurkan serangan rudal jelajah Kalibr dari Laut Hitam, alarm menyala di beberapa Oblast di Ukraina.

Angkatan Udara Ukraina melaporkan, Rusia meluncurkan rudal Kalibr dari kapal Angkatan Laut mereka.

“Perhatian! Peluncuran rudal jelajah Kalibr dari Laut Hitam telah diamati!” bunyi peringatan dari Angkatan Udara Ukraina.

Alarm peringatan datangnya serangan udara dinyalakan di Oblast Mykolaiv, Kherson, Dnipropetrovsk, Kirovohrad, Cherkasy, dan Vinnytsia.

Baca: Rusia hancurkan gudang amunisi Ukraina di Odessa dengan rudal Kalibr

Suara sirene menunjukkan ancaman serangan rudal dan serangan udara. Pada kondisi tersebut, warga sipil Ukraina diperintahkan untuk mengungsi ke tempat penampungan.

Pada 11:06 (waktu Kyiv), peringatan serangan udara juga dikeluarkan di Oblast Poltava, Odesa, dan Kyiv, tulis Ukrainska Pravda (16/6).

Peringatan serangan udara mulai dikeluarkan di Oblast Khmelnytskyi, Zhytomyr, dan Chernivtsi pada pukul 11:19 waktu setempat.

Ledakan kemudian dilaporkan di Ibu Kota Ukraina pada pukul 11:34.

Baca: Tigr, kapal selam nuklir Rusia kini dilengkapi rudal jelajah Kalibr

Administrasi Militer Kota Kyiv melaporkan, pasukan pertahanan udara diaktifkan di Oblast Kyiv dan Kyiv.

Warga Ukraina didesak untuk tinggal di tempat penampungan sampai izin diberikan. All-clear kemudian dikeluarkan pada pukul 12:17.

Laporan awal menyatakan, pasukan pertahanan udara Ukraina berhasil menghancurkan 12 rudal selama serangan Rusia pada 16 Juni.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *