Pertemuan Persahabatan The Jupiters dengan Russian Knights di LIMA 2023

JAT dan Russian Knights di LangkawiRussian Embassy IDN

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pameran kemaritiman dan kerdirgantaraan internasional Langkawi International Maritime and Aerospace (LIMA) 2023 yang dilaksanakan di Langkawi, Malaysia pada 23-37 Mei telah berlalu.

Pameran dua tahunan yang ke-16 kali tahun ini, menghadirkan sejumlah tim aerobatik dunia dari berbagai negara.

Mereka adalah Russian Knights dari Rusia dengan pesawat Su-35), August 1st (Ba Yi Aerobatic Team) dari China dengan pesawat J-10C, Al Fursan dari Uni Emirat Arab dengan pesawat MB-339NAT, Black Eagles dari Korea Selatan dengan pesawat T-50B, serta The Jupiters atau Jupiter Aerobatic Team (JAT) dari Indonesia dengan pesawat KT-1B.

Sementara tuan rumah Malaysia menampilkan pertunjukan Su-30MKI dengan berbagai manuver hebatnya.

Kehadiran berbagai tim aerobatik dunia tersebut mengukuhkan pameran LIMA sebagai salah satu kegiatan yang diperhitungkan dalam percaturan internasional sehingga tim-tim aerobatik terbaik memandang penting untuk hadir di sana.

Tak terkecuali Indonesia dengan The Jupiters yang mendapat undangan khusus dari panitia penyelenggara. Kehadiran JAT mendapat sambutan yang hangat dari tuan rumah serta para peserta dan pengunjung pameran.

JAT dalam penampilannya di LIMA 2023 menyuguhkan 12 atraksi selama kurang lebih 20 menit.

JAT-dan-Russian-Knights-di-Langkawi_2
Russian Embassy IDN

Kedua belas manuver tersebut adalah Eagle to Arrow Head Loop, Delta Loop, Barrel Roll, Fall in Love & Bomb Burst, Horizontal Twin Half Cuban & Wheels, Snake Loop & Hi G Turn, Mirror, Screw Roll, Solo Spin, Five Card Loop, Clover Leaf and Cascade.

The Jupiters datang ke LIMA 2023 dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Dedy Susanto sebagai Mission Commander.

JAT-dan-Russian-Knights-di-Langkawi_
Russian Embassy IDN

JAT dipunggawai oleh enam penerbang alias Member JAT. Mereka adalah Jupiter 1 Letkol Pnb Ripdho “Mohawk” Utomo yang sekaligus sebagai leader, Jupiter 2 Mayor Pnb Gede Ngurah “Viper” SW, Jupiter 3 Kapten Pnb Sang Made “Medved” Yogi, Jupiter 4 Mayor Pnb Bayu “Meerkat” Anugerah, Jupiter 5 Mayor Pnb Ferdian “Corbie” Habibi, dan Jupiter 6 Mayor Pnb Idham “Godham” Satria.

Kebersamaan tim-tim aerobatik dunia di LIMA 2023 terwujud secara baik di mana dalam sejumlah kesempatan mereka bertemu untuk saling berkenalan dan bertukar pengalaman.

JAT-dan-Russian-Knights-di-Langkawi_3
Russian Embassy IDN

Salah satunya adalah yang dilakukan oleh The Jupiters dengan Russian Knights pada 26 Mei. Kedua tim melakukan pertemuan persahabatan dengan saling bertukar badge dan cendera mata.

Russian Knights hadir di LIMA 2023 dengan menampilkan 6 Su-35. Kehadiran tim Rusia menjadi salah satu yang ditunggu pengunjung karena merupakan salah satu tim aerobatik senior.

Usai pertemuan antara JAT dan Russian Knights, kedua tim berfoto bersama berlatar kedua pesawat dari tim berbeda negara ini.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *