Vietnam tingkatkan sistem rudal balistik taktis Scud-nya

Rudal Scud VietnamIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata Vietnam dilaporkan tengah meng-upgrade kemampuan sistem rudal balistik taktis jarak pendek miliknya.

Fokus upgrade adalah untuk memperluas jangkauan rudal dan mengurangi Kemungkinan Kesalahan Sirkular (CEP) untuk meningkatkan akurasinya.

Tentara Rakyat Vietnam saat ini memiliki sejumlah rudal balistik yang kemungkinan didapatkan dari era Uni Soviet seri 9K72/9K77 (NATO: RS-SS-1C/D Scud B/C).

Scud B juga dikenal sebagai R-17 Elbrus ini merupakan sistem rudal balistik taktis jarak pendek mobile (bergerak) yang mulai dikembangkan pada awal 1960-an.

Rudal ini merupakan versi perbaikan dari sistem rudal R-11 (Scud A) sebelumnya dan diekspor secara luas termasuk ke beberapa negara di Timur Tengah, Asia, dan Afrika Utara.

Scud B memiliki jangkauan sekitar 300 km dan dapat membawa berbagai muatan, termasuk hulu ledak konvensional, bahan kimia, atau nuklir.

Rudal didukung oleh mesin roket satu tahap berbahan bakar cair. Menggunakan sistem panduan inersia, yang membuatnya kurang akurat dibandingkan dengan sistem rudal yang lebih modern dengan GPS.

Terlepas dari usianya dan relatif tidak akurat, rudal Scud B tetap menjadi ancaman yang signifikan karena proliferasi dan potensinya untuk membawa senjata pemusnah massal.

Sementara Scud C adalah sistem rudal balistik taktis jarak pendek mobile yang merupakan penyempurnaan dari Scud B (R-17 Elbrus).

Rudal ini memiliki jangkauan yang meningkat mencapai 500-600 km. Hal ini dicapai melalui peningkatan bahan bakar dan pengoksidasi rudal, hulu ledak yang lebih ringan, dan aerodinamika yang lebih baik.

Scud C tidak diekspor secara luas seperti Scud B, yang saat ini masih digunakan oleh beberapa negara, termasuk Vietnam, Iran, Korea Utara, dan Suriah.

Rudal Scud B/C dipasang pada kendaraan Transporter-Erector-Launcher (TEL), umumnya menggunakan truk MAZ-543 8×8 atau varian terbarunya MAZ-7310 buatan Belarusia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *