Panser kanon AMX-10RC bantuan Prancis telah merapat ke Ukraina

AMX-10RCUkrainian MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Satu persatu kendaraan perang bantuan negara NATO yang dijanjikan ke Ukraina mulai berdatangan. Informasi terakhir, unit Infanteri Angkatan Laut (Marinir) Ukraina mulai menerima panser kanon AMX-10RC pertama dari Prancis.

Foto panser kanon ini dipublikasikan di akun Twitter Kementerian Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov pada 18 April 2023.

AMX-10RC untuk Ukraina ini diambil dari gudang senjata AD Prancis.

Pada tahun 2003, Angkatan Darat Perancis mulai menerima pengiriman kendaraan lapis baja Nexter AMX-10RC/RCR.

Varian upgrade ini menawarkan lebih banyak perlindungan, mobilitas, dan daya tembak.

AD Perancis menggunakan AMX-10RC/RCR ini sebagai kendaraan lapis baja pengintai dan pemberi dukungan tembakan bahkan untuk bertempur dengan tank lawan.

AMX-10RC/RCR dilengkapi dengan turret tiga orang yang dipersenjatai dengan satu kanon semi-otomatis kaliber 105 mm.

Kanonnya mampu menembakkan munisi APFSDS (Armor-Piercing Fin-Stabilized Discarding Sabot) yang dapat menghancurkan tank tempur utama (MBT) pada jarak tembak maksimal 2.200 m.

Persenjataan kedua AMX-10RC/RCR mencakup satu senapan mesin koaksial 7,62 mm dan satu senapan mesin 7,62 mm lainnya yang dipasang di palka komandan.

AMX-10RC/RCR ditenagai oleh mesin diesel yang menghasilkan tenaga 280 hp. Kecepatan laju maksimum kendaraan ini adalah 85 km/jam. Sementara jarak jelajah maksimum 1.000 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *