Aeroflot mengirimkan salah satu pesawat A330-300-nya ke Iran untuk pemeliharaan

A330-300 Aeroflot

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Maskapai Rusia, Aeroflot, telah mengirim salah satu pesawat Airbus A330-300-nya ke Iran untuk menjalani pemeliharaan.

Situs berita Rusia RBC melaporkan pada hari Senin, pengiriman pesawat ke Iran terjadi di saat Rusia mendapat sanksi dari Barat.

Sanksi yang diterapkan oleh negara-negara Barat terhadap Rusia, tidak hanya memblokir penerbangan ke dan dari Rusia. Melainkan juga, melarang pesawat-pesawat milik maskapai Rusia mendapat layanan dari pabrikan Barat seperti Airbus dan Boeing.

Pemeliharaan pesawat A330-300 milik Aeroflot dilakukan oleh maskapai Iran Mahan Air. Menurut data Flightradar24, pesawat tersebut terbang dari Moskow ke Teheran pada 5 April lalu.

Aeroflot telah mengkonfirmasi bahwa mereka memang mengirim salah satu pesawatnya ke Iran untuk menjalani perawatan di fasilitas Mahan Air.

Pada bulan Juli 2022, Rusia telah menandatangani perjanjian dengan Iran, negara yang telah dikenai sanksi internasional selama bertahun-tahun.

Dalam perjanjian itu disebutkan, Iran akan menyediakan peralatan dan suku cadang untuk industri penerbangan Rusia, termasuk perbaikan dan pemeliharaan pesawat Rusia.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *