Setelah Su-25, Makedonia Utara akan mengirimkan helikopter serang Mi-24 ke Ukraina

Mi-24 Hind Makedonia UtaraIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Menteri Pertahanan Makedonia Utara Slavjanka Petrovska pada 14 Maret 2023 mengatakan bahwa negaranya telah menyumbangkan pesawat serang darat Sukhoi Su-25 Frogfoot ke Ukraina.

Empat pesawat Su-25 Angkatan Udara Makedonia Utara yang tidak layak terbang telah dikirimkan ke Ukraina. Terdiri dari tiga Su-25 kursi tunggal dan satu Su-25UB kursi ganda. Pesawat digunakan untuk diambil suku cadangnya.

Selanjutnya pada 15 Maret, media Makedonia Utara mengutip sumber-sumber pemerintah melaporkan bahwa Ukraina telah meminta 12 helikopter serang Mi-24 Hind.

Diketahui, Militer Makedonia Utara memang berniat mengganti armada helikopter Mi-8/17 dan Mi-24 era Uni Soviet yang sudah tua dengan helikopter serang baru buatan Barat.

Uniknya, selusin Mi-24 yang akan ditransfer ke Ukraina ini, dibeli oleh Makedonia Utara dari Ukraina pada tahun 2001.

Empat helikopter telah dimodernisasi dengan bantuan perusahaan Elbit Systems, Israel yang menjadikannya kompatibel dengan pasukan NATO.

Helikopter di-upgrade dengan avionik baru yang memungkinkan penggunaan kacamata penglihatan malam (NGV), sistem navigasi modern, pencahayaan inframerah, dan peningkatan kecil lainnya.

Selain Su-25 dan Mi-24, Pemerintah Makedonia Utara telah banyak memberi bantuan kepada Ukraina yang berperang dengan Rusia sejak Februari tahun lalu.

Dilansir Janes (20/3), Slavjanka Petrovska mengatakan bahwa peralatan yang dikirim ke Ukraina sejauh ini terdiri dari senjata dan amunisi infanteri serta peralatan artileri.

Lalu sejumlah Tank Tempur Utama (MBT), sistem senjata antitank dan antipesawat, serta peralatan dan amunisi untuk digunakan oleh penerbangan militer.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *