Prancis akan mengirimkan AMX-10P IFV dan AMX-10RC FSV ke Ukraina

AMX-10P dan AMX-10RC _ Airspace ReviewIstimewa/AR

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Prancis akan mengirimkan 25 AMX-10P IFV (Infantry Fighting Vehicles) untuk mempekuat pasukan Ukraina melawan pasukan Rusia.

Hal ini dicuitkan oleh wartawan Prancis Jean-Dominique Merchet dari media L’opinion, melalui akun Twitter-nya pada 17 Februari 2023.

AMX-10P adalah kendaraan pengangkut personel lapis baja (APC) beroda rantai (tracked) yang mulai digunakan tentara Prancis pada tahun 1973. Kendaraan tempur ini diproduksi oleh GIAT (kini Nexter).

AMX-10P diawaki tiga orang terdiri dari pengemudi, penembak, dan komandan. Bagian belakang kendaraan dapat menampung delapan prajurit infanteri.

Kendaraan dilengkapi turret dua awak yang dipersenjatai dengan kanon dual-feed GIAT M693 kaliber 20 mm.yang dapat menembakkan proyektil HE (Peledak Tinggi) atau AP (Armor Piercing)

Sebagai senjata tambahan untuk menembak sasaran lunak, tersedia senapan mesin koaksial kaliber 7,62 mm dipasang di sebelah kanan persenjataan utama.

Sebagai penggeraknya, AMX-10P ditenagai mesin diesel Hispano-Suiza HS 115 V-8 yang menghasilkan tenaga 260 hp. Laju kecepatan maksimumnya 65 km/jam dengan jangkauan operasi maksimum 500 km.

Selain rencana pengiriman AMX-10P IFV, pada 4 Januari 2023, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengumumkan bahwa negaranya akan mengirimkan AMX-10RC/RCR ke Ukraina, seperti diberitakan koran Perancis, Le Figaro.

Tak disebutkan berapa banyak panser kanon pemberi dukungan tembakan (FSV) ini yang akan diserahkan ke militer Ukraina.

Diketahui, saat ini militer Prancis memiliki total sekitar 245 unit AMX-10RC/RCR.

AMX-10RC/RCR dilengkapi dengan turret tiga orang yang dipersenjatai dengan satu kanon semi-otomatis kaliber 105 mm.

Kanonnya mampu menembakkan munisi APFSDS (Armor-Piercing Fin-Stabilized Discarding Sabot) yang dapat menghancurkan tank tempur utama (MBT) pada jarak tembak maksimal 2.200 m.

Persenjataan sekundernya mencakup satu senapan mesin koaksial 7,62 mm dan satu senapan mesin 7,62 mm lainnya yang dipasang di palka komandan.

AMX-10RC/RCR ditenagai oleh mesin diesel yang menghasilkan tenaga 280 hp yang dapat menghasilkan kecepatan laju maksimum 85 km/jam. Jarak jelajah maksimum mencapai 1.000 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *