Iran telah memodifikasi kapal kargo menjadi kapal induk drone

Kapal induk drone IranIran State Media

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Iran telah memodifikasi kapal kargo peti kemas menjadi kapal induk drone untuk digunakan angkatan laut negara itu.

Informasi yang beredar di media sosial menyebutkan, proyek konversi Korps Pengawal Revolusi Islam Iran telah menghasilkan dua kapal induk drone yang diberi nama Shaheed Mahdavi dan Shaheed Bagheri.

Tahun lalu, analis intelijen sumber terbuka memperoleh foto yang diduga sebagai kapal induk drone IRGC baru di galangan kapal Bandar Abbas.

USNI News melaporkan, kapal induk drone Iran merupakan platform yang unik sebagai tempat penyimpanan sekaligus peluncuran drone militer Iran.

The Maritim Executive menyebut, kapal induk drone Shahid Mahdavi diketahui pertema kali berada di dok kering pada Mei tahun lalu.

Iran telah berinvestasi dalam perang drone selama beberapa dekade. Drone produksinya diduga telah digunakan oleh Rusia dalam serangan terhadap Ukraina.

Salah satunya adalah drone kamikaze Shahed-136 yang digunakan untuk mengebom jaringan listrik negara Ukraina.

Pada hari Sabtu, dalam sebuah latihan perang, Angkatan Laut Iran meluncurkan drone uji bunuh diri Ababil-2 dari dek kapal pendarat IRIS Lavan.

Pesawat tak berawak itu terbang ke lokasi penyerangan dan menghancurkan sebuah target tiruan yang menyerupai Pangkalan Angkatan Laut Eliat Israel.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *