Masuki layanan tempur, fregat Admiral Gorshkov mulai lakukan perjalanan samudra

Admiral Gorshkov_NPS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapal fregat terbaru Rusia, Admiral Gorshkov, yang dipersenjatai dengan rudal hipersonik Tsirkon akan memulai perjalanan melintasi Samudra Atlantik dan India, serta Laut Mediterania.

Menteri Pertahanan Rusia Sergey Shoigu mengumumkan hal itu pada hari Rabu (4/1) melalui konferensi video yang dihadiri oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

“Hari ini, fregat Laksamana Armada Uni Soviet Gorshkov dengan rudal hipersonik Tsirkon di dalamnya memulai pelayaran laut jarak jauh melintasi Atlantik dan Samudra Hindia, serta Laut Mediterania,” ujar Shoigu, dikutip TASS.

Shoigu menambahkan, Admiral Gorshkov difokuskan untuk melawan ancaman, menjaga perdamaian regional, dan stabilitas bersama dengan negara-negara sahabat.

Sementara itu Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan, kapal fregat merupakan contoh dari kerja sama yang hebat, yang membawa hasil yang baik seperti diharapkan.

Putin menyebut fregat Admiral Gorshkov tidak memiliki pesaing di dunia yang menyamai kehebatan kapal ini.

“Saya yakin senjata yang begitu kuat akan melindungi Rusia dari potensi ancaman eksternal dan akan membantu memastikan kepentingan nasional negara kita,” ujarnya seraya menandaskan bahwa Rusia akan terus mengembangkan potensi tempur angkatan bersenjatanya dengan membuat persenjataan-persenjataan canggih.

Selain dipersenjatai rudal Tsirkon, kapal fregat ini juga dilengkapi rudal Kalibr­-NK, Oniks, sistem pertahanan udara, senjata torpedo, dan artileri.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *