Tentara bayaran Rusia dari Wagner Group bertarung menggunakan tank T-90M di dekat Bakhmut

Tentara Bayaran dari Wagner Group bertarung di Bakhmut menggunakan T-90MA. Simonov

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kelompok tentara bayaran Rusia dari Wagner Group yang dikerahkan ke Ukraina telah dilengkapi dengan tank tempur utama (MBT) generasi terbaru T-90M Proryv.

Jurnalis Rusia Alexander Simonov mengungkapkan hal itu di akun Telegramnya.

Diketahui, pasukan Wagner Group dikerahkan ke Ukraina selama perang di wilayah Donbas, di mana mereka membantu pasukan separatis dari Republik Rakyat Donetsk dan Luhansk.

Pada Desember 2022, Juru Bicara Keamanan Gedung Putih John Kirby mengklaim kelompok Wagner memiliki 50.000 pejuang di Ukraina, termasuk 10.000 kontraktor dan 20-000-40.000 direkrut dari eks narapidana.

Beberapa pengamat Barat percaya bahwa organisasi tersebut tidak benar-benar ada sebagai perusahaan militer swasta, tetapi pada kenyataannya merupakan cabang terselubung dari Kementerian Pertahanan Rusia.

Wagner Group sejak musim panas 2022 telah mencoba (sejauh ini gagal) merebut kota Bakhmut di wilayah Donbas, Ukraina timur.

Bagi Wagner, menaklukan Bakhmut adalah simbol keberhasilan. Kota yang terletak 16 km barat daya Severodonetsk ini salah satu yang terbesar di Donbas.

Pada Desember 2022, setelah serangan balasan Kharkiv dan Kherson Ukraina, front Bakhmut menjadi pusat perang.

Serangan di kota itu diintensifkan pada November 2022 karena pasukan Rusia yang menyerang diperkuat oleh unit-unit yang dikerahkan kembali dari front Kherson, bersama dengan rekrutan baru yang dimobilisasi.

Wagner Group beroperasi untuk mendukung kepentingan Rusia, menerima peralatan militer dari Kementerian Pertahanan Rusia dan menggunakan instalasi milik pemerintah untuk pelatihan.

Dengan mengirimkan T-90M generasi terbaru ke kelompok Wagner, Rusia ingin memberikan daya tembak maksimum kepada tentara Wagner yang memiliki pengalaman hebat dalam perang dan pertempuran.

Wagner Group dilaporkan telah mengambil bagian dalam berbagai konflik di seluruh dunia, termasuk Perang Saudara di Suriah, Libya, Republik Afrika Tengah, dan Mali, yang seringkali bertempur di pihak pasukan yang bersekutu dengan pemerintah Rusia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *