Ukraina dapatkan bantuan 18 unit RCH 155 SPH dari Jerman

RCH 155 SPHArmasuisse

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Jerman secara resmi mengonfirmasi bahwa negaranya berencana untuk memasok RCH 155 self-propelled howitzer (SPH) bersama dengan munisinya ke Ukraina.

Dalam rilis media pada 7 Desember 2022 dikatakan, Berlin menyetujui pengiriman 18 unit RCH 155 baru ke Ukraina yang diproduksi oleh perusahaan Jerman Kraus-Maffei Wegmann (KMW).

RCH 155 (Remote Controlled Howitzer) ini menggabungkan daya tembak dan jangkauan Artillery Gun Module (AGM) otomatis dan dapat dikendalikan dari jarak jauh.

Sebagai basis kendaraan digunakan panser Boxer 8X8 yang memiliki perlindungan tinggi untuk awaknya serta mobilitas yang mumpuni di segala medan.

Kendaraan berbobot 35 ton ini disokong mesin diesel berdaya 804 hp. Kecepatan maksimumnya 103 km/jam dan jangkaun operasi sejauh 1.000 km.

Sesuai kode namanya, persenjatannya berupa howitzer kaliber 155 mm ini dapat menembakkan beragam munisi standar NATO hingga delapan putaran per menit, dan membawa 30 munisi dalam misi tempurnya.

Dengan munisi standar, jangkauan tembaknya 40 km, sementara menggunakan Proyektil Artileri Jarak Jauh (VLAP) jangkauan tembak mencapai 56 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *