Rusia kirimkan 200 tank T-90M ke pasukan Pro-Rusia di Republik Rakyat Lugansk

Rusia kirimkan 200 tank T-90M ke Republik Rakyat Luganks

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Saluran Televisi Rusia NTV pada 7 Desember 2022 menyiarkan berita bahwa Rusia mengirimkan 200 tank tempur utama (MBT) T-90M ke pasukan militer Pro-Rusia di Republik Rakyat Lugansk.

Diberitakan oleh NTV, tank T-90M tersebut didatangkan langsung dari pabrik pembuat tank Uralvagonzavod yang berlokasi di kota Nizhny Tagil.

Tank-tank ini akan memperkuat unit militer Angkatan Bersenjata Pro-Rusia yang ada di wilayah tersebut.

Selama beberapa minggu, Rusia telah meningkatkan penyebaran tank T-90M generasi terbarunya di teater operasi di Ukraina.

LPR (Luhansk atau Lugansk People’s Republic) mendeklarasikan kemerdekaan dari Ukraina setelah Revolusi Martabat dan kerusuhan pro-Rusia pada April 2014, bersama Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Krimea (termasuk Sevastopol).

Mengenai keberadaan T-90M, tank ini diperkenalkan ke publik selama latihan militer Zapad edisi 2017 yang diadakan dari 14 hingga 20 September 2017.

T-90M adalah versi perbaikan dari versi awal T-90 dengan tingkat perlindungan lebih baik, mobilitas, dan daya tembak yang lebih tinggi.

T-90M dipersenjatai dengan meriam 2A46M-4 baru yang mampu menembak pada jarak yang lebih jauh (hingga 3.000 m) dan 15-20 persen lebih akurat daripada meriam 2A46M standar dari T-90.

Meriam utama juga dapat menembakkan rudal anti tank 9M119 Refleks, NATO menyebutnya sebagai AT-11 atau Sniper-B, dengan jangkauan tembak hingga 5.000 m.

Persenjataan sekunder T-90M berupa senapan mesin koaksial 7,62 mm dan satu stasiun senjata dikendalikan dari jarak jauh (RCWS) dipersenjatai dengan senapan mesin berat 12,7 mm yang dipasang di atap kubah.

T-90M dilengkapi dengan Relikt generasi ketiga yang merupakan ERA (Explosive Reactive Armor) paling modern yang dikembangkan oleh industri pertahanan Rusia.

Digadang-gadang, lapisan pelindung T-90M mampu menahan hantaman ATGM (Anti-Tank Guided Missiles) modern.

T-90M juga dilengkapi dengan elemen Afganit APS (Active Protection System) yang juga terpasang pada MBT T-14 Armata.

Sistem ini dilaporkan dapat mencegat penetrator APFSDS (armor-piercing fin-stabilized discarding sabot) selain amunisi anti-tank (HEAT) berdaya ledak tinggi.

Perlengkapan standar T-90M juga termasuk Kalina, generasi baru dari pelacak target otomatis dan sistem kendali tembakan terkomputerisasi.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *