Korvet Hetman Ivan Mazepa pesanan Ukraina diluncurkan di Turki

Hetman Ivan MazepaUkrinform, Reznikov

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Galangan kapal RMK Marine di Istanbul, Turki pada hari Minggu meluncurkan korvet Herman Ivan Mazepa pesanan Ukraina.

Peluncuran kapal disaksikan langsung oleh Olena Zelenksa, istri Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang sekaligus membaptis kapal ini.

Tahun lalu korvet ini diberi nama Hetman Ivan Mazepa untuk menghormati Ivan Stepanovych Mazepa, seorang pemimpin militer Cossack Ukraina.

Korvet Hetman Ivan Mazepa merupakan korvet Ada-class dengan bobot 2.400 ton, panjang 326 kaki, dan memiliki laju kecepatan maksimum 29 knot.

Kapal dapat jangkauan sekitar jarak 3.500 mil laut pada kecepatan 15 knot.

Hetman Ivan Mazeva dikategorikan sebagai korvet antikapal selam.

Kapal dengan hanggar dan dek untuk helikopter dan UAV ini dirancang untuk melakukan operasi di zona pesisir.

Namun begitu, kapal ini juga mampu melakukan perang antikapal selam dan berpatroli di laut lepas, tulis situs resmi Zelensky.

“Dengan kapal seperti ini, Laut Hitam dan Azov kita akan aman. P.S. Pelabuhan pangkalan masa depan adalah Sevastopol Ukraina,” ujar Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov dalam sebuah cuitannya.

Ukraina memesan dua korvet Ada-class pada tahun 2020 senilai 256 juta dolar AS.

Korvet kelas Ada Turki dipersenjatai dengan satu meriam 76 mm, dua meriam 12,7 mm, delapan rudal antikapal Harpoon, 21 rudal permukaan-ke-udara RAM, dua tabung peluncur rangkap tiga 324mm Mk 32 untuk torpedo Mk 46 Mod 5 dan sebuah S- Helikopter 70B-2 Seahawk, tulis The Drive.

Belum diketahui, senjata apa saja yang akan diintegrasikan pada Hetman Ivan Mazeva ini.

Namun yang jelas, korvet ini tidak akan dikirimkan terlebih dahulu ke Ukraina hingga tahun 2024.

-Kallmoz-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *