AL Jepang resmi tugaskan kapal fregat FFM-1 Mogami

JS MogamiIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pabrik pembuat kapal Jepang, Mitsubishi Heavy Industries (MHI) telah mengirimkan kapal utama fregat kelas JS Mogami (FFM-1) ke Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF).

Upacara pengiriman dan peresmian penugasan diadakan pada tanggal 28 April 2022 di galangan kapal MHI di Nagasaki, Jepang.

Selanjutnya Mogami melanjutkan penugasannya dengan Pasukan Perang Ranjau JMSDF menuju Pangkalan Angkatan Laut Yokosuka.

Meski disebut sebagai FFM-1, namun sebenarnya Mogami merupakan kapal kedua yang ditugaskan oleh JMSDF. Sebelumnya JS Kumano (FFM-2) telah ditugaskan pada Maret 2022.

Hal tersebut disebabkan oleh keterlambatan yang dihadapi oleh MHI dalam pembangunan Mogami.

Fregat kelas Mogami ini dirancang dengan efisiensi dan otomatisasi tingkat tinggi, bentuknya lebih kompak untuk mengurangi biaya pembangunan konstruksinya.

Mogami juga menganut desain lambung dan suprastruktur siluman (stealth) untuk mengurangi penampang terhadap deteksi radar.

Untuk dimensinya, Mogami memiliki panjang 132,5 meter, lebar 16,3 meter, dan memiliki awak kapal sebanyak 90 perwira dan pelaut.

Kecepatan maksimumnya lebih dari 30 knot, yang ditenagai oleh konfigurasi propulsi Combined Diesel and Gas (CODAG) dengan dua mesin diesel MAN 12V28/33D STC dan satu mesin turbin gas Rolls-Royce MT30.

Mogami dipersenjatai dengan meriam laut BAE Systems Mk.45 Mod 4 kaliber 127 mm, dua RCWS Japan Steel Works untuk senapan mesin 12,7mm, meriam 16-sel Mk. 41 VLS, 11-sel Raytheon SeaRAM CIWS, dan dua peluncur empat kali lipat untuk rudal anti kapal MHI Tipe 17.

Kelas Mogami ini akan menggantikan armada kapal perusak kelas Abukuma JMSDF yang sudah tua beroperasi sejak akhir 1980-an.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *