Prabowo kunjungi Yunani, bahas kerja sama pertahanan dan alutsista

Prabowo Kunjungi YunaniVia Chief HNDGS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto melaksanakan kunjungan kehormatan kepada koleganya Menteri Pertahanan Nasional Yunani Nikolaos Panagiotopoulos di Kota Athena, Yunani pada 11 Maret 2022.

Kedua menteri pertahanan bertemu untuk membahas peningkatan kerja sama pertahanan antara Indonesia dan Yunani menyangkut alutsista, pendidikan, dan pelatihan.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas isu-isu strategis lainnya.

Kedatangan Prabowo di Yunani disambut langsung oleh Menhan Yunani dengan jajar kehormatan.

Turut menyambut Prabowo dalam kunjungannya tersebut adalah Panglima Angkatan Bersenjata Nasional Yunani (HNDGS) Jenderal Konstantinos Floros, Kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Staf Angkatan Laut, dan Kepala Staf Angkatan Udara Yunani.

“Kami melakukan diskusi yang bermanfaat dan produktif. Yunani dan Indonesia memiliki hubungan yang baik. Yunani adalah salah satu negara Eropa pertama yang mengakui kedaulatan NKRI,” kata Prabowo dalam siaran pers Kementerian Pertahanan RI.

Sejak 2015, Indonesia dan Yunani telah menjalin kerja sama yang baik di bidang industri pertahanan.

Perusahaan Yunani, Theon Sensors telah bekerja sama dengan PT Pindad (Persero) untuk produksi bersama Teropong Bidik Senapan Malam (TBSM) di Pindad dan pembangunan lini perakitan serta penjualan bersama.

Kerja sama ini bertujuan agar proses alih teknologi yang dilakukan berjalan secara lebih maksimal dan akan berujung pada penguasaan teknologi industri dalam negeri yang meningkat.

Menhan Yunani Nikolaos Panagiotopoulos meyakinkan, Yunani memiliki tujuan utama untuk lebih memperkuat kerja sama bilateral dengan Indonesia.

Kerja sama tersebut meliputi bidang politik dan ekonomi, serta memperluas kerja sama pertahanan, yang difokuskan pada bidang perdagangan maritim, perkapalan, penelitian dan pengembangan, pariwisata, dan industri pertahanan.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *