Rusia rahasiakan mesin Tu-160 melebihi pengembangan bom atom

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Para pengamat militer di China memperbincangkan salah satu teknologi Rusia yang dijaga ketat kerahasiannya oleh Moskow hingga kini. Hal itu tidak lain adalah mesin NK-32 yang digunakan pada pembom strategis jarak jauh Tu-160 Blackjack atau terkenal dengan sebutan “Angsa Putih”.

Para pakar di Beijing menyebut, kerja sama China-Rusia telah berlangsung lama di segala aspek termasuk bidang teknologi militer.

Namun demikian, bila bicara soal Kuibyshev Motor Plant, produsen mesin NK-32, maka pembahasan mengenai hal ini akan menjadi buntu. Terkhusus lagi soal NK-32.

Para pakar di China menduga, untuk dapat mengetahui teknologi NK-32 merupakan sesuatu yang sulit. Karena, hal ini sangat diproteksi oleh Moskow.

Saking rahasinya, para jurnalis bahkan menyebut kalau rahasia mesin NK-32 melebihi rahasia pengembangan bom atom.

Media-media telah memberitakan, NK-32 didesain oleh Nikolai Dmitriyevich Kuznetsov (jangan tertukar dengan Admiral Nikolay Gerasimovich Kuznetsov yang namanya diabadikan menjadi nama kapal induk Rusia – Red).

Nikolai Dmitriyevich Kuznetsov adalah seorang ahli pesawat dan mesin roket yang kemudian mendirikan Biro Desain Kuznetsov.

Rusia
Sputniknews

Selain merancang mesin ini, Kuznetsov juga merancang mesin NK-12 yang digunakan pada pembom strategis jarak jauh lainnya yaitu Tu-95 Bear.

Walau begitu, Tu-95 tidak dianggap oleh para pakar China sebagai pesawat yang kemampuannya dapat melebihi Tu-160. Tu-95 dianggap sesuatu yang sudah lama.

Para pakar di China seperti Airspace Review kutip dari kantor berita RIA FAN (31/3) mengatakan, Tu-160 Blackjack hanya bisa ditandingi oleh pembom B-2 Spirit dari Amerika Serikat, karena kedua pembom ini punya karakteristik dan kelebihan masing-masing.

Sementara itu, yang diketahui sejauh ini tentang NK-32, ini adalah mesin turbofan afterburning. Lebih tepatnya lagi three-spool low-bypass afterburning turbofan. Sebanyak empat unit mesin ini digunakan oleh Tu-160.

Tu-160 Blackjack
Russian MoD

Mesin ini juga pernah digunakan pada pesawat komersiap supersonik Tupolev Tu-144LL.

Kuibyshev Motor Plant saat ini tengah mengembangkan mesin NK-65 yang akan digunakan pada pembom siluman rusia Tupolev PAK DA. NK-65 tidak lain merupakan pengembangan dari NK-32/NK-321.

Bisa jadi, karena hal itu juga NK-32 tidak pernah dibuka ke publik rahasianya, karena menjadi basis bagi pengembangan mesin terbaru untuk pesawat pembom strategis masa depan Rusia.

Apakah memang betul dugaan para pakar China ini?

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *