Polandia mempertimbangkan untuk membeli helikopter Boeing CH-47F Chinook dari Amerika Serikat

CH-47FUS Army

AIRSPACE REVIEW – Polandia sedang mempertimbangkan untuk membeli helikopter angkut berat CH-47F Chinook buatan Boeing, Amerika Serikat. Hal ini dikatakan Menteri Pertahanan Polandia Władysław Kosiniak-Kamysz dalam wawancara dengan situs berita lokal Portal Obronny.

Menteri menyoroti beragam kemampuan helikopter Chinook, namun ia tidak menyebutkan berapa jumlah helikopter yang mungkin akan diakuisisi Warsawa tersebut.

“Saya yakin bahwa (militer Polandia) juga membutuhkan helikopter yang lebih besar yang dapat memberikan dukungan yang efisien dengan mengangkut muatan besar atau tentara ke lokasi yang sulit diakses,” ujarnya.

Helikopter Chinook menawarkan daya angkat dan jangkauan yang lebih baik, sehingga cocok untuk berbagai misi, termasuk pengangkutan kargo dan pasukan, pencarian dan penyelamatan, dan bantuan bencana, lanjutnya.

Chinook ditenagai oleh dua mesin Honeywell T55-GA-714A, yang masing-masing menghasilkan daya 4.777 shp. Varian CH-47F Block II dapat mencapai kecepatan maksimum 315 km/jam dan membawa muatan lebih dari 9.500 kg.

Luas area kargonya 42 m³, memungkinkan pengangkutan hingga 50 prajurit atau dua kendaraan HMMWV.

Militer Polandia berencana untuk mengerahkan helikopter ini dalam operasi militer dan membantu upaya penanggulangan bencana, seperti yang disarankan oleh Kosiniak-Kamysz.

Pertimbangan ini menyusul banjir parah bulan lalu di wilayah barat daya Polandia yang mengharuskan pengerahan sekitar 14.000 personel militer untuk penanggulangannya.

Sebelumnya pada Agustus 2024, Departemen Luar Negeri AS telah menyetujui penjualan militer asing (FMS) 96 unit helikopter AH-64E Apache ke Polandia. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *