Angkatan Laut AS memilih E-130J sebagai pengganti E-6B TACAMO

E-130J TACAMOLockheed Martin

AIRSPACE REVIEW – Kantor Program Lintas Udara Komando Strategis, Kontrol, dan Komunikasi Angkatan Laut AS (PMA-271) dan Wing Komunikasi Strategis 1 telah mengumumkan nama pesawat misi Take Charge and Move Out (TACAMO) Angkatan Laut AS yang baru yaitu Lockheed Martin E-130J.

Ini adalah pesawat elektronik khusus yang dibangun dari seri C-130J Super Hercules. Kode E digunakan dengan makna Electronik. Pesawat ini masuk kategori Mission Design Series (MDS).

E-130J dilahirkan dari program E-XX untuk menggantikan enam belas pesawat E-6B Mercury di Angkatan Laut AS (modifikasi dari Boeing 707).

Misi tersebut menghubungkan Presiden AS, Menteri Pertahanan, dan Komando Strategis AS dengan rudal balistik nuklir yang digunakan oleh kapal selam US Navy.

Pesawat varian ke-18 dari C-130 Hercules ini akan dioperasikan oleh Skadron SCW-1 di Tinker AFB, Oklahoma.

Dahulu US Navy juga varian Hercules untuk misi TACAMO yakni EC-130Q, sebelum digantikan oleh E-6B, dan kini oleh E-130J.

E-6B Mercury, dengan empat mesin jet, telah beroperasi di Amerika Serikat selama 35 tahun sejak 1989.

Dengan awak sebanyak 22 orang, E-6B merupakan pesawat relai komunikasi dan pos komando strategis. Pesawat dilengkapi dengan sistem komando, kontrol, dan komunikasi nuklir (NC3). (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *