Rusia berhasil menyita kendaraan pemulihan M88A2 Hercules pasukan Ukraina sumbangan dari AS

M88A2 HerculesRIA Novosti

AIRSPACE REVIEW – Kendaraan pemulihan lapis baja (ARV) M88A2 Hercules buatan AS telah disita oleh pasukan Rusia di palagan Ukraina dan saat ini digunakan oleh pasukan teknik Rusia.

Kendaraan perang khusus ini menjadi salah satu trofi perang tambahan terbaru bagi pasukan Rusia.

Angkatan Bersenjata Ukraina sendiri mulai menerima delapan M88A2 Hercules dari Amerika Serikat pada tahun 2023 lalu.

Namun, dua dari kendaraan berat tersebut berhasil dihancurkan oleh pasukan Rusia.

Sementara unit yang tersisa secara aktif digunakan untuk mengevakuasi dan memperbaiki peralatan lapis baja Ukraina, dan kini telah berkurang satu unit lagi.

Mengenai M88A2 Hercules adalah kendaraan pemulihan lapis baja berat, dikembangkan berdasarkan sasis tank tempur utama M60 yang turretnya telah dilucuti.

Kendaraan dirancang untuk mendukung unit tempur dengan cara menarik, mengangkat, dan memperbaiki kendaraan tempur berat kawan di lapangan.

Awak kendaraan ini terdiri dari tiga orang yakni komandan, operator kendaraan, dan seorang mekanik. Kendaraan juga dapat menampung hingga empat anggota awak kendaraan lain yang dipulihkannya.

Seluruh awaknya dilindungi oleh lapisan baja, yang memberikan ketahanan terhadap ancaman balistik beserta perlindungan Nubika (nuklir, biologi, dan kimia).

M88A2 Hercules dilengkapi dengan sistem hidrolik untuk semua operasi pemulihan, termasuk winch utama yang kuat yang mampu menarik kendaraan berbobot 70 ton pada jarak 85,3 m.

Sementara lengan pengangkatnya dapat menopang beban hingga 35 ton, memungkinkannya untuk membalikkan kendaraan yang terguling atau mengganti komponen berat seperti turret tank.

Kendaraan berbobot total 63.500 kg ini digerakkan oleh mesin diesel berdaya 1.050 ps. Kendaraan dapat mencapai kecepatan maksimum 48 km/jam dan jangkauan operasi sejauh 483 km. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *