Ini dia, MV3 Garuda Limousine: Kendaraan kepresidenan baru buatan PT Pindad

Pindad MV3 Garuda LimousinePindad

AIRSPACE REVIEW – PT Pindad memperkenalkan MV3 Garuda Limousine, kendaraan kepresidenan yang digunakan oleh Presiden RI yang baru Prabowo Subianto saat mengantarkan Presiden RI ke-7 Joko Widodo pulang ke Solo dari Lanud Halim Perdanakusuma pada Minggu, 20 Oktober.

MV3 Garuda Limousine merupakan varian pengembangan terbaru dari MV3. Kendaraan kepresidenan ini menunjukkan kemandirian bangsa Indonesia.

MV3 Garuda Limousine dikembangkan khusus dari MV3 untuk kendaraan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Kendaraan berwarna putih dengan tampilan ekslusif dan maskulin ini memiliki proteksi tinggi serta memberikan kenyamanan dengan material berkualitas serta fitur-fitur mutakhir.

MV3 Garuda Limousine dengan panjang 5,05 m, lebar 2,06 m, dan tinggi 1,87 m memiliki bobot 2,95 ton.

Kendaraan didesain dengan long wheelbase yang nyaman dan lega. Kendaraan ditenagai mesin dengan daya 202 PS/199 HP. Untuk transmisi menggunakan transmisi otomatis dengan 8 percepatan. Kendaran mampu melaju dengan kecepatan maksimum 100 km/jam.
ย 
Pindad menerapkan proteksi kendaraan sebagai prioritas utama dengan dibekali fitur keamanan seluruh area kendaraan meliputi bodi dengan material lapis baja komposit yang memiliki ketahanan terhadap munisi kaliber 7,62 x 51 mm NATO ball dan kaliber 5,56 x 45 mm M193.

Kendaraan juga dilengkapi kaca antipeluru level B5/B6 serta dilengkapi ban berukuran R21 dengan tipe Run Flat Tyre (RFT) yang bisa tetap melaju meski mengalami kebocoran di perjalanan.

Sebelumnya, PT Pindad juga membuat kendaraan khusus untuk mendukung perjalanan operasional Paus Fransiskus saat melakukan kunjungan ke Indonesia, yakni Maung MV3 “Pope Mobileโ€. (RNS)

28 Replies to “Ini dia, MV3 Garuda Limousine: Kendaraan kepresidenan baru buatan PT Pindad”

    1. Nah begitu donk Saatnya Indonesia harus memakai produksi dalam negeri karena kita sudah mampu membuat kenderaan dalam negeri.
      Saya berharap mulai tahun saat ini (Presuden Prabowo) semua kenderaan dinas militer sudah harus memakai kenderaan made in Indonesia
      dan untuk semua departemen pemerintahan harus disiapkan kenderaan SUV buatan industri dalam Negeri.

      1. Sepakat sekali, kalau bisa mulai tahun ini kendaraan untuk Militer Indonesia sudah buatan PT.pindat. dan kalau bisa Mobil untuk Pejabat dari manteri sampai Kepala daerah/bupati juga di siapkan udari PT Pindad. Sehingga satu harga dalam Pembelian Mobil operasional. Dan juga tentunya seragam dan satu model.

    2. Salut Indonesiku,!Seharusnya negri kita harus berbuat sesuai harapan Bangsa kita dimana Indonesia perlu berbuat sendiri dgn suatu karya yg mandiri,Indonesia sgt kaya dgn hasil Alam yg dpt memperbaiki serta menciptakan tehnologi baru sehinga budaya kemandirian kita bisa bersaing dgn Negara 2 yg selalu berbuat kebaikkan dan kemajuan negaranya,Indonesia memiliki segala-galanya dgn apa yg dimiliki oleh Tanah Air kita,Mudah-mudahan dgn Adanya pemimpin baru kita(presiden) Bapak Probowo ,Negri kita tidak ada lagi yg namanya memamfaatkan suatu hasil karya hanya pada suatu kepentingan tetapi hasil karya itu memiliki makna kebaikan dan kemajuan Bangsa Negri kita .

      1. Kapasitas mesin 2000cc tapi bobotnya 3ton ya tentu gk bisa melaju cepat.. kalau mesin 2000cc digunakan untuk mobil dengan bobot 1ton macam LCGC baru noh ngibrit

    3. Benar,karoseri pindad. Byk komponen yg masih diimport seperti mesin,perlengkapan interior,plat baja khusus anti peluru dll. Istilah kasarnya,cuma jd tukang jahit sj.

  1. Mudah2an selanjutnya BP presiden Prabowo bisa mengembangkan mobil Rakyat MADE IN INDONESIA 100%.. biar makin bangga kita

  2. Bangga pisan, moga bisa terus dikembangkan agar program mobnas yang terkesan “mangkrak” bisa bangun kembali… ๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช๐Ÿ’ช

  3. bangga dengan buatan bangsa sendiri , lebih bangga lagi buatan bangsa sendiri di gunakan oleh orang nomor satu di indonesia, (cinta indonesia )

    1. mobil kerenn sdh disiapkan banget utk dipakai saat pelantikan .. kerenn dan momen yg pas utk diperlihatkan ke publikโ€ฆ mari mnuju kemandirianโ€ฆ kita hargai smua buatan dlm negri kalau tdk kita yg bangga lalu siapa lagi.. bravo indonesia

  4. Alhamdulillah, sampai juga saatnya Pejabat pakai kendaraan produk dalam negari.
    Bisa gak ya, kalo mobil dinas kita di pusat maupun di daerah pakai mobil produk dalam negeri.

  5. Sangat bangga, Buatan Indonesia. Mobil, pesawat, kapal, kereta api. Berdiri Diatas Kaki Sendiri. Semoga dilanjutkan pada produk barang yang lsinnya.๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘

  6. Mulai saat ini stop beli mobil impor utk menunjang kinerja pejabat negara.
    Dimulai dari kendaraan kepresidenan, menteri, anggota dewan dan perangkat pemerintahan lainnya,, gunakanlah produk dalam negeri, pasarkan mobil ESEMKA dinegara ini yg dimulai dari pejabatnya dulu.

  7. Mungkin dari segi engine & fitur fitur, masih bnyak yg di buat diluar PINDAD, TPI gpp lah , setidaknya kita sudah berani melangkah, dari pada tidak sama sekali

  8. Keren sih mobilnya, tp mesin yg dtempel ga sesangar tampangnya. Paling ga minimal kasih mesin 3000 cc laah, humvee aja pke mesin 8 silinder diatas 3000 cc.

    Ato mungkin ini mobil sekedar buat pelantikan jadi yg penting bisa jalan ๐Ÿ˜…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *