Korea Selatan menawarkan rudal taktis CTM-290 ke Polandia sebagai alternatif pengganti ATACMS Amerika Serikat

CTM-290Hanwha Aerospace

AIRSPACE REVIEW – Hanwha Aerospace, perusahaan pertahanan terkemuka Korea Selatan, telah mengungkapkan gambar MLRS (Multiple Launch Rocket System) Homar-K Polandia yang dilengkapi dengan pod rudal serang taktis CTM-290.

Untuk diketahui, Homar-K adalah versi Polandia dari K239 Chunmoo, sistem artileri roket bergerak Korea Selatan.

Sistem K239 Chunmoo setara dengan M142 HIMARS yang mampu menembakkan rudal balistik ATACMS buatan Amerika Serikat.

Jika integrasi rudal CTM-290 Korea Selatan terwujud, sistem ini berpotensi untuk menggantikan ATACMS.

CTM-290 dirancang untuk serangan presisi jarak jauh. Rudal tersebut memiliki jangkauan yang diyakini sebanding dengan ATACMS Amerika Serikat, yakni hingga 300 km.

CTM-290 dilengkapi dengan sistem penargetan canggih sehingga sangat akurat dalam menyerang target statis dan bergerak.

Juga memiliki sistem panduan inersia, dilengkapi dengan navigasi satelit untuk memastikan serangan presisi bahkan dalam kondisi buruk.

Selain itu, rudal tersebut memiliki konfigurasi hulu ledak serbaguna, yang memungkinkannya membawa muatan yang berbeda tergantung pada persyaratan misi. Termasuk hulu ledak fragmentasi untuk misi antipersonel atau hulu ledak penghancur bunker untuk target yang diperkeras.

Kemampuan beradaptasi ini akan memberi Polandia berbagai pilihan militer yang diperluas, memperkuat kemampuan serangannya di berbagai skenario.

Bagi Polandia, penambahan rudal CTM-290 ke sistem Homar-K akan memperkuat perannya sebagai pemain kunci dalam pertahanan di daratan Eropa. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *