AS izinkan Arab Saudi memborong 2.503 rudal Hellfire dan 220 rudal AIM-9X Block II Sidewinder

AS setujui penjualan ribuan rudal Hellfire dan ratusan rudal Sidewinder ke Arab Saudi_Istimewa

AIRSPACE REVIEW – Amerika Serikat telah memberikan lampu hijau kepada Angkatan Bersenjata Arab Saudi untuk memperoleh 2.503 rudal AGM-114R3 Hellfire II senilai 655 juta dolar AS dan 220 rudal udara ke udara AIM-9X Block II Sidewinder senilai 251,8 juta dolar AS.

Pembelian mencakup juga peralatan pengujian, layanan integrasi dan pengujian, suku cadang dan perbaikan, serta pengiriman dan pemeliharaan perangkat lunak.

Dari total 2.503 rudal Hellfire yang dipesan, tiga di antaranya adalah versi rudal uji, yang akan dievaluasi setelah pengiriman.

Rudal udara ke permukaan ini untuk mempersenjatai helikopter serang Boeing AH-64D Apache dan Bell OH-58 Kiowa milik Angkatan Darat Arab Saudi.

AGM-114R3 Hellfire adalah rudal presisi berpemandu laser yang dirancang untuk menargetkan kendaraan lapis baja, bunker, dan bangunan bernilai tinggi lainnya.

Rudal dengan berat 49 kg ini memiliki jangkauan tembak hingga sekitar 8 km dan dilengkapi dengan hulu ledak multifungsi yang dapat digunakan untuk tujuan anti-lapis baja dan fragmentasi.

Sistem pemandu lasernya memungkinkan penargetan yang tepat baik untuk target diam maupun bergerak.

Sementara rudal AIM-9X akan diintegrasikan ke jet tempur Boeing F-15SA milik Angkatan Udara Arab Saudi. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *