Rudal Iskander-M Rusia hancurkan kapal kontainer pembawa senjata Barat yang berangkat dari Rumania

Iskander-M RusiaIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Sebuah serangan rudal balistik Iskander-M Rusia dilaporkan berhasil menghancurkan kapal kontainer berbendera Panama “Shui Spirit” yang sedang mengangkut peralatan militer.

Kapal tersebut berangkat dari pelabuhan Constanța di Rumania dengan tujuan akhir Odessa di Ukraina.

Rekaman drone dari Kementerian Pertahanan Rusia menangkap momen saat rudal menghantam kapal yang sedang melakukan bongkar muatan dan memicu ledakan besar hingga membakar kapal.

Sementara ini isi pasti yang dibawa kapal kontainer tersebut belum dikonfirmasi, meski Moskow mengklaim itu adalah persenjataan yang dipasok oleh negara Eropa.

Ukraina membantah keras pernyataan Rusia yang menyebut kapal membawa persenjataan.

Oleg Kiper, Kepala Pemerintahan Daerah Odessa, menyebut bahwa kapal itu sebagai kapal sipil dan mengklaim tidak ada korban luka yang dilaporkan.

Mengenai Iskander-M, merupakan sistem rudal balistik jarak pendek Rusia. Rudal ini dikenal karena presisi, mobilitas, dan keserbagunaannya dalam peperangan modern.

Rudal memiliki jangkauan hingga 500 km dan dapat membawa berbagai hulu ledak, termasuk hulu ledak berdaya ledak tinggi, fragmentasi, penghancur bunker, dan bahkan muatan nuklir.

Rudal tersebut dipandu oleh sistem navigasi inersia dan panduan satelit, yang dilaporkan memberikan akurasi 5 hingga 7 m.

Secara teknis, rudal Iskander-M melaju dengan kecepatan melebihi 6 Mach, sehingga sangat sulit dicegat menggunakan sistem pertahanan antirudal konvensional lawan. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *