AUSA 2024: Rafael dari Israel luncurkan sistem senjata laser bergerak LITE BEAM

Rafael LITE BEAMRADS

AIRSPACE REVIEW – Rafael Advanced Defense Systems (RADS) dari Israel meluncurkan versi terbaru dari sistem senjata laser berenergi tinggi yang dinamai LITE BEAM. Peluncuran dilaksanakan di acara Asosiasi Angkatan Darat Amerika Serikat (AUSA) 2024 di Washington, DC.

LITE BEAM merupakan langkah maju yang signifikan dalam pertahanan presisi yang dirancang untuk menetralkan ancaman udara secara cepat dan tepat.

Sistem ini dapat digunakan di berbagai zona operasional, sehingga memungkinkannya untuk melawan berbagai ancaman, mulai dari kawanan drone, roket, hingga mortir.

Selain itu, sistem ini dapat menetralkan alat peledak rakitan (IED) yang teridentifikasi dan ancaman terestrial lainnya, sehingga meningkatkan keserbagunaannya di medan perang.

Versi baru dari LITE BEAM memiliki kapasitas daya yang ditingkatkan sebesar 10 kW, dari sebelumnya yang hanya 7,5 kW.

Dalam hal pasokan daya, LITE BEAM cukup fleksibel, karena dapat ditenagai oleh generator diesel atau baterai, tergantung pada kebutuhan operasional.

LITE BEAM mampu melacak target secara tepat melalui sistem pelacakan canggih, dan memiliki jangkauan efektif beberapa ratus meter hingga maksimum 2.000 m.

Modularitasnya memungkinkan pemasangan pada berbagai platform, termasuk pada kendaraan lapis baja, platform darat tetap serta di atas kapal. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *