Kalashnikov ‘bocorkan’ rahasia drone SKAT 350M yang telah dimodernisasi

SKAT 350 droneKalashnikov

AIRSPACE REVIEW – Drone intai SKAT 350M Rusia yang telah dimodernisasi memiliki kemampuan untuk mengubah frekuensi di saluran kendali secara langsung selama penerbangannya.

Drone ini juga memiliki ketahanan terhadap efek peperangan elektronik (EW) yang telah ditingkatkan, tulis Kalashnikov di saluran Telegramnya.

Modernisasi pada Skat 350M dilakukan berdasarkan masukan-masukan dari pasukan Rusia yang bertempur di medan perang Ukraina.

Sebagai hasil dari peningkatan tersebut, jumlah saluran pada perangkat penerima dan pemancar darat (GTRD) meningkat dari 12 menjadi 32.

Direktur Divisi UAV Kalashnikov, Alexander Likhachev, mengatakan GTRD dilengkapi dengan antena saluran gelombang tambahan dan menyediakan peralihan perangkat lunak antara antena sinar lebar dan sinar sempit.

Sementara jalur komunikasi antara stasiun kontrol darat dan GTRD telah ditingkatkan menjadi 500 meter guna menjamin keselamatan operasi tempur kru UAV.

Pada April lalu, Kalashnikov Group memamerkan drone SKAT 350M di pameran teknologi Expotechnostrazh di Saint Petersburg .

Varian baru ini dikembangkan dari versi awal SKAT 350 yang dilengkapi dengan kamera Supercam 350 yang ditingkatkan sehingga menghasilkan kualitas gambar lebih baik dalam kondisi cuaca buruk.

Selain perangkat kamera, peningkatan lainnya termasuk pembaruan desain sayap dan permukaan kendali drone untuk meningkatkan kekuatan mekanis dan keandalannya, sehingga menghasilkan peningkatan kinerja secara keseluruhan.

SKAT 350M menawarkan kemampuan muatan yang canggih, menggabungkan beberapa peningkatan teknis untuk meningkatkan kinerja kamera siang hari dan kamera pencitraan termal.

Modul yang canggih, dilengkapi dengan algoritma disempurnakan, membantu operator dalam mengidentifikasi secara akurat dan melacak target secara konsisten.

SKAT 350M memiliki lebar sayap 3,2 m dan muatan maksimum 15 kg. Drone mampu mengudara hingga 4 jam dan beroperasi pada ketinggian antara 300 dan 2.000 m, Kecepatan jelajahnya mencapai 120 km/jam.

SKAT 350M dirancang untuk misi pengintaian mendalam. Drone mampu mentransmisikan aliran video pada jarak hingga 100 km.

Salah satu fitur menonjolnya adalah kemampuan peluncuran cepat dan sistem ketapelnya dalam waktu 15 menit. Untuk mendaratkannya menggunakan sistem parasut.

Saat itu SKAT 350M telah menjalani pengujian yang ketat dan menjadi bagian integral dari unit intelijen Rusia. Drone digunakan untuk akuisisi target serangan drone FPV dan koordinasi artileri.

Misi utama SKAT 350M adalah untuk mengumpulkan data intelijen secara waktu nyata mengenai posisi, pergerakan, dan benteng musuh, yang sangat penting untuk ketepatan dan kemanjuran serangan artileri.

Dengan memberikan citra resolusi tinggi dan koordinat target yang akurat, drone secara signifikan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk menyerang target, sehingga meningkatkan daya tanggap dan kemampuan beradaptasi unit artileri di medan perang. (RNS/RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *