Angkatan Udara Malaysia mengganti helikopter Sikorsky S-61A-4 Nuri yang sudah pensiun dengan Leonardo AW149

TUDM ganti helikopter Nuri dengan AW149Istimewa

AIRSPACE REVIEW – Pada Januari 2022, Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (TUDM) telah memensiunkan 12 helikopter Sikorsky S-61A Nuri setelah menggunakannya selama lima dekade alias 50 tahun.

Hal itu dilakukan karena biaya untuk mempertahankan operasional Sikorsky S-61A Nuri yang semakin tinggi.

Kini TUDM mulai beralih ke helikopter baru Leonardo AW149 dari Italia untuk menggantikan Sikorsky S-61A-4 Nuri yang ikonik tersebut.

Proyek pembaruan armada ini mencakup akuisisi 24 helikopter, yang dibagi menjadi dua tahap untuk memenuhi kebutuhan operasional modern penerbangan militer Malaysia.

Hal itu dikatakan Kepala Angkatan Bersenjata Malaysia Jenderal Tan Sri Mohammad Ab Rahman mengatakan dalam konferensi pers setelah perayaan Hari Angkatan Bersenjata Malaysia ke-91 yang diadakan di Port Dickson.

Mengenai Leonardo AW149 adalah helikopter militer multiperan kelas medium yang dirancang untuk berbagai misi.

Konfigurasinya memungkinkan untuk transportasi pasukan, evakuasi medis, operasi pencarian dan penyelamatan (SAR), dan misi pasukan khusus.

Kabinnya mampu memuat hingga 16 tentara bersenjata lengkap atau 19 orang dengan peralatan yang lebih ringan.

Helikopter ini mengintegrasikan avionik dan sistem persenjataan canggih, yang memungkinkan misi siang dan malam, bahkan dalam kondisi cuaca buruk.

Kemampuan beradaptasi ini, dikombinasikan dengan arsitektur terbuka khusus misi yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan, mengoptimalkan efisiensi operasional dan kemampuan bertahan hidupnya.

Didukung oleh mesin General Electric atau Safran, AW149 dapat mencapai kecepatan maksimum 294 km/jam dan jangkauan maksimum 1.009 km. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *