Setelah pembelian tank M1A2 Abrams dari AS, Rumania kini tertarik untuk mengakuisisi K2 Black Panther dari Korea Selatan

K2 Black PantherIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Di pameran pertahanan Internasional KADEX 2024, perusahaan Hyundai Rotem mengatakan bahwa pengujian tank tempur utama (MBT) K2 Black Panther di Rumania membuahkan hasil yang sukses.

Dilaporkan, diskusi tentang kontrak sedang berlangsung terkait kesepakatan rencana akuisisi tank K2 oleh Rumania. Dijadwalkan kesepakatan akan dicapai paling cepat pada tahun 2025.

Sebelumnya pada bulan Mei 2024, tank K2 telah diuji oleh militer Rumania di Pusat Pelatihan Tempur Smârdan dengan hasil yang memuaskan.

Perwakilan dari Hyundai Rotem mengindikasikan bahwa rencana akuisisi tank K2 tersebut sangat fleksibel.

Dengan rencana pembelian awal satu batalion, memungkinkan keterlibatan industri pertahanan Rumania dalam proses produksinya.

Rumania sendiri telah menyatakan rencananya untuk mengakuisisi sekitar 300 tank tempur utama baru untuk menggantikan tank T-55AM dan TR-85 yang sudah tua.

Sebelum tertarik untuk mengakuisisi tank K2, Rumania telah menandatangani perjanjian dengan Amerika Serikat untuk pembelian 54 tank M1A2 Abrams. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *