KADEX 2024: Hanwha Defense luncurkan howitzer swagerak 155 mm baru berbasis truk 8X8, akan diuji tahun 2025

Hanwha Defense SPHVia X

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan pertahanan raksasa Korea Selatan, Hanwha Defense, secara resmi mengumumkan pengembangan howitzer swagerak (SPH) baru di pameran pertahanan KADEX 2024.

Pengembangan proyek ini berkolaborasi dengan Angkatan Bersenjata Korea Selatan, bertujuan untuk menciptakan sistem artileri bergerak generasi berikutnya guna memenuhi kebutuhan operasional militer yang terus berkembang.

Sistem SPH baru tersebut menggunakan platform truk kelas berat berpenggerak 8X8.

Pilihan kendaraan beroda ban ini memberikannya mobilitas tinggi yang dibutuhkan untuk penyebaran cepat dan operasi yang efisien di berbagai medan dibandingkan kendaraan beroda rantai.

SPH baru ini akan dilengkapi dengan sistem turret serupa yang digunakan pada K9 Thunder.

Pilihan ini mencerminkan keberhasilan howitzer kaliber 155 mm K9 Thunder yang sangat efektif, dan telah terbukti dalam berbagai operasi militer.

Tidak seperti artileri gerak sendiri tradisional yang biasanya memerlukan lebih banyak awak, sistem SPH beroda baru Hanwha Defense ini dirancang untuk beroperasi dengan hanya dua awak saja.

Pengurangan jumlah awak ini dicapai melalui otomatisasi canggih dan sistem kendali jarak jauh, yang memungkinkan waktu respons lebih cepat dan mengurangi beban logistik di medan perang.

Meskipun masih dalam tahap pengembangan, proyek ini diharapkan akan maju pesat dalam beberapa tahun mendatang, dengan uji coba lapangan diharapkan berlangsung pada tahun 2025. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *