Tidak tanggung-tanggung, Rumania borong 1.059 kendaraan lapis baja COBRA II dari Turkiye

COBRA IIIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Perusahaan pertahanan asal Turkiye, Otokar, dikabarkan telah memenangkan tender dari Kementerian Pertahanan Rumania untuk menyediakan kendaraan lapis baja beroda untuk AB Rumania.

Disebutkan, Otokar mendapatkan kontrak dengan nilai total lebih dari 934 juta dolar AS untuk pembelian 1.059 unit COBRA II.

Kesepakatan ini akan melibatkan kerja sama industri antara kedua negara. Sebanyak 278 unit pertama akan diproduksi di fasilitas produksi perusahaan Turkiye dan sisanya akan dibangun di Rumania.

Mengenai COBRA II adalah platform pengangkut personel lapis baja yang dirancang untuk penggunaan multiguna dalam kondisi pertempuran modern.

Kendaraan memiliki dimensi panjang sekitar 4,3 m, lebar 2,1 m, dan tinggi 1,8 m.

Kendaraan berpenggerak 4×4 ini menawarkan kemampuan manuver dan kemampuan lintas alam yang tinggi di berbagai medan.

Sebagai tenaga penggeraknya berupa mesin diesel yang menghasilkan 300 ps. Kecepatan maksimumnya di jalan datar mencapai 100 km/jam.

Versi dasar COBRA ll dapat menampung empat orang prajurit termasuk pengemudi, dan bagian bak belakang untuk mengangkut muatan serbaguna.

Untuk perlindungan diri dan bertempur, COBRA II dapat dilengkapi dengan senjata kendali jarak jauh dengan pilihan kaliber 7,62 mm atau 12,7 mm, serta memungkinkan mengusung rudal antitank. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *