Republik Ceko memastikan akan membeli dua pesawat Embraer KC-390 Millennium

Kc-390Marcos Correa

AIRSPACE REVIEW – Kementerian Pertahanan Ceko memastikan akan membeli dua unit pesawat angkut militer/tanker multiperan KC-390 Millennium buatan pabrik Embraer, Brasil.

Hal itu dikatakan Menteri Pertahanan Republik Ceko Jana Cernochová pada 2 Oktober 2024.

Disebutkan bahwa Angkatan Udara Ceko akan memperoleh kemampuan baru untuk mengangkut orang atau material, memadamkan kebakaran skala besar, mengevakuasi yang terluka, dan menyediakan pengisian bahan bakar.

Kontrak dengan produsen Brasil tersebut diharapkan akan ditandatangani dalam beberapa minggu mendatang dan pesawat pertama akan tersedia tahun depan.

“Angkatan Darat Ceko memiliki kebutuhan jangka panjang untuk memperkuat kemampuannya mengangkut kargo yang lebih berat dan lebih besar dalam jarak yang lebih jauh atau untuk memastikan pengangkutan orang dari daerah krisis,” ujar Cernochová.

Evakuasi dari Afghanistan atau Sudan, misalnya, telah sepenuhnya menunjukkan hal itu, kata dia.

Pada saat yang sama, ia menekankan bahwa kebutuhan untuk mendapatkan pesawat angkut berukuran sedang sesegera mungkin ditegaskan oleh situasi keamanan yang memburuk di dunia.

Republik Ceko akan membeli pesawat tersebut dengan ketentuan yang sama dengan negara-negara sekutu lainnya.

Harga pesawatnya sendiri sebanding dengan, atau bahkan lebih baik daripada harga yang dibayarkan oleh negara-negara lain.

Kementerian Pertahanan Republik Ceko juga akan membeli sejumlah peralatan tambahan untuk melengkapi kebutuhan misi pesawat tersebut, seperti untuk pemadam kebakaran udara, modul untuk mengangkut pasien atau pengisian bahan bakar dalam penerbangan.

Kontrak akuisisi pesawat mencakup peralatan pendukung darat, pasokan awal suku cadang, dan pelatihan personel.

Dikatakan bahwa total harga kontrak, termasuk pesawatnya dan semua peralatan tambahan, mencapai 490 juta USD di luar pajak. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *