Tingkatkan kemampuan, Pasukan Operasi Khusus Belanda kini dilengkapi dengan helikopter sendiri

Pasukan Khusus Belanda menggunakan helikopter H225MDutch MoD

AIRSPACE REVIEW – Pasukan Operasi Khusus (SOF) Belanda kini memiliki armada helikopternya sendiri, yang menciptakan kemampuan operasional baru di bawah naungan Skadron Operasi Khusus ke-300.

Skadron yang bermarkas di Pangkalan Udara Gilze-Rijen ini merupakan bagian dari Komando Helikopter Pertahanan dan secara resmi didirikan pada 1 Oktober 2024.

Personel Skadron Operasi Khusus ke-300 bertugas melaksanakan misi pengintaian khusus, operasi ofensif, dan memberikan dukungan militer.

Operasi ini akan dilakukan dengan kerja sama erat dengan Korps Commandotroepen dan Pasukan Operasi Khusus Maritim, guna memastikan koordinasi yang efektif antara unit darat dan udara.

Skadron baru ini akan dilengkapi dengan kemampuan intelijen dan armada helikopter baru, khususnya model H225M Caracal buatan Airbus Helicopters.

Selain helikopter itu, Kementerian Pertahanan Belanda berinvestasi dalam infrastruktur, kendaraan penunjang, dan sistem komunikasi canggih untuk memastikan unit tersebut dapat berlatih dan beroperasi pada tingkat setinggi mungkin.

Pembentukan Skaadron Operasi Khusus ke-300 merupakan peningkatan penting kemampuan operasi khusus Belanda, yang menyediakan landasan kuat bagi misi baik di dalam negeri maupun internasional. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *