Korea Selatan perlihatkan rudal monster Hyunmoo-V, berhulu ledak hampir 9 ton

Hyunmoo-VIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Korea Selatan memperlihatkan rudal balistik buatan dalam negeri Hyunmoo-V pada 1 Oktober 2024, dalam parade peringatan ke-75 Hari Angkatan Bersenjatanya.

Dengan berat 36 ton, rudal Hyunmoo-V dilengkapi hulu ledak berbobot 8-9 ton, digadang sebagai rudal balistik non-nuklir paling kuat di dunia

Rudal monster ini dirancang khusus untuk mampu menembus fasilitas bawah tanah atau banker dengan struktur yang kuat sekalipun.

Sistem rudal tersebut dilaporkan menggunakan mekanisme ‘peluncuran dingin’ untuk mencegah kerusakan pada kendaraan TEL (transporter erector launcher) karena kekuatan pendorongnya.

Fitur peluncuran dingin ini penting mengingat kekuatan rudal yang sangat besar, yang memungkinkan TEL dapat beroperasi kembali setelah penembakan.

Menurut sumber militer, Komando Strategis Korea Selatan berniat mengoperasikan lebih dari 200 rudal ini dalam beberapa tahun mendatang..

Rudal balistik Hyunmoo-V diproduksi oleh Hanwha Aerospace, perusahaan pertahanan raksasa Korea Selatan.

Dilaporkan, selain Hyunmoo-V, Korea Selatan tengah mengembangkan dan memproduksi massal varian lainnya, termasuk rudal Hyunmoo-II, III, dan IV. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *