Angkatan Laut Singapura resmi mengoperasikan dua kapal selam 218SG canggih yang dibeli dari Jerman

Singapura resmi operasikan dua kapal selam baruMINDEF

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Laut Republik Singapura secara resmi mengoperasikan dua kapal selam canggiih Invincible dan Impeccable, yang dibeli dari Jerman sebagai bagian dari proyek 218SG.

Upacara peresmian pengoperasian dilaksanakan di Pangkalan Angkatan Laut Changi pada 24 September 2024.

Diketahui, Singapura memesan empat kapal selam dari perusahaan pembuat kapal Jerman, Thyssenkrupp Marine Systems (TKMS).

Kontrak pertama ditandatangani pada Desember 2013, diikuti oleh perjanjian tambahan pada Mei 2017 untuk pembangunan dua kapal selam lagi.

Meskipun rincian kontrak resmi masih dirahasiakan, sumber-sumber Jerman memperkirakan nilai totalnya sekitar 3,2 miliar euro.

Kapal selam pertama Invincible diluncurkan pada 18 Februari 2019 dari galangan kapal TKMS di Kiel, Jerman.

Setelah menjalani uji coba laut dan pelatihan awak secara menyeluruh di Jerman, kapal selam tersebut diangkut ke Singapura pada 18 September 2024.

Menyusul kemudian kapal selam kedua Impeccable, yang diluncurkan pada 13 Desember 2022. Namun demikian, Impeccable adalah kapal pertama yang tiba di Singapura pada bulan Juli 2023.

Mengenai kapal selam 218SG, merupakan versi yang disempurnakan dari kapal selam Type 214 Jerman. Kapal memiliki bobot 2.000 ton, panjang 70 m dan diawaki 28 orang saja.

Kapal selam ini dilengkapi sistem propulsi yang tidak bergantung udara, berasal dari generator elektrokimia HDW/Siemens, dan desain kemudi berbentuk X yang diadaptasi dari kapal selam Type 212A .

Persenjataannya berupa delapan tabung torpedo 533 mm dan dua tabung berdimensi 650 mm.

Kapal selam tersebut juga dilengkapi sistem manajemen tempur (CMS) terkini, dikembangkan bersama oleh Atlas Elektronik dan Singapore Technologies Electronics. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *