Sah, Azerbaijan menjadi pengguna jet tempur JF-17 keempat di dunia

Azerbaijan menjadi pengguna keempat JF-17 di duniaAzerbaijan MoD

AIRSPACE REVIEW – Presiden Azerbaijan dan Panglima Tertinggi Ilham Aliyev diperlihatkan jet tempur baru JF-17 Block lII di Bandara Internasional Heydar Aliyev pada 25 September.

Jet tempur multiperan canggih segala cuaca ini resmi beroperasi untuk Angkatan Udara Azerbaijan, Kementerian Pertahanan negara itu melaporkan.

Selama upacara tersebut, Menteri Pertahanan Azerbaijan Kolonel Jenderal Zakir Hasanov melapor kepada Presiden Aliyev tentang kehadiran pesawat ini.

Sementara Marsekal Madya Hakim Raza, Kepala Pakistan Aeronautical Complex (PAC), memberikan pengarahan terperinci tentang spesifikasi teknis dan fitur operasional pesawat tersebut.

JF-17 Block lll merupakan varian terbaru dan tercanggih dari keluarga JF-17 Thunder yang dikembangkan bersama oleh Chengdu China (CAC) dan PAC Pakistan.

Pesawat ini menawarkan kelincahan tempur yang unggul, avionik modern, dan sistem persenjataan canggih, menjadikannya platform serbaguna untuk operasi defensif dan ofensif.

Azerbaijan sendiri dilaporkan menandatangani kesepakatan senilai 1,6 miliar dolar AS dengan Pakistan untuk memperoleh JF-17C Block III yang tidak disebutkan jumlahnya.

Angkutan Udara Azerbaijan termasuk lima negara pengguna JF-17, selain Pakistan, Myanmar, Nigeria dan Iraq yang sedang dalam proses pemesanan.

Saat ini Angkatan Udara Azerbaijan diperkuat dengan 14 MiG-29 dan 38 jet serang Su-25.

Jet tempur JF-17 ini diharapkan dapat meningkatkan kesiapan operasional Azerbaijan, terutama mengingat tantangan keamanan regional. (RBS)

One Reply to “Sah, Azerbaijan menjadi pengguna jet tempur JF-17 keempat di dunia”

  1. Pengguna keempat atau kelima nih? Turkiye pun kabarnya mengambil bagian dari JF-17C Block III milik AU Azerbaijan ini mulai dari avionik hingga rudal udara-udaranya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *