Intip DFX-50, drone kamikaze China yang mirip Shahed-236 Iran

DFX-50Centaur Defense Systems

AIRSPACE REVIEW – Centaur Defense Systems LLC asal China,telah memamerkan DFX-50, yaitu sebuah amunisi berkeliaran yang tampilannya mirip drone kamikaze Shahed-136 buatan Iran.

Drone ini diperkenalkan pada pameran Africa Aerospace and Defence (AAD) 2024, Afrika Selatan yang baru saja selesai.

Salah satu kelebihan DFX-50 adalah strukturnya yang menggabungkan material komposit dan komponen yang terbuat dari Expanded Polyolefin (EPO), sehingga lebih murah dan cepat diproduksi.

Sistem ini dapat secara otomatis menargetkan sasaran dengan menetapkan koordinat target dan dilengkapi dengan pencari elektro-optik, memungkinkannya untuk mengidentifikasi, melacak, dan menyerang target diam dan bergerak dalam area yang telah ditentukan.

DFX-50 memiliki lebar sayap 1,8 m, panjang 1,6 m, dan tinggi 30 cm. Berat lepas landas maksimumnya adalah 16,5 kg dan dapat membawa muatan hingga 5 kg.

Untuk kinerjanya, DFX-50 memiliki kecepatan 26 m/detik, memiliki daya tahan lebih dari 120 menit, dan dapat mencapai kecepatan serang hingga 250 m/detik.

Drone dapat beroperasi pada ketinggian jelajah di bawah 3.000 m dengan jarak jangkau sekitar 100 km.

Selain DFX-50, Centaur Defense Systems juga menawarkan amunisi yang lebih besar, juga mirip Shahed-136, yang disebut DFX-100 atau GHQ-100. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *