Afrika Selatan tertarik mengakuisisi C-390 dari Brasil untuk melengkapi armada C-130 yang tinggal enam unit

C-390 MillenniumEmbraer

AIRSPACE REVIEW – Embraer mengungkapkan bahwa Afrika Selatan tertarik untuk mengakuisisi pesawat angkut multiperan C-390 Millennium guna memperkuat angkatan udaranya.

Namun, Embraer tidak merinci berapa banyak pesawat yang akan dibeli dan seberapa jauh proses untuk pengadaannya.

Perusahaan asal Brasil ini membawa C-390 untuk diperlihatkan dalam pameran AAD (Africa Aerospace and Defence) 2024 di Tshwane, Afrika Selatan pada 18-22 September lalu.

Diketahui, Angkatan Udara Afrika Selatan saat ini memiliki enam pesawat angkut militer Lockheed Martin C-130 Hercules.

Dulunya memiliki sembilan pesawat, tetapi dua di antaranya telah dihapuskan karena kecelakaan dan satu lagi untuk diambil suku cadangnya.

Kesepakatan potensial dengan Afrika Selatan akan menjadi penjualan C-390 pertama Embraer ke negara Afrika jika terwujud.

Mengenai C-390, adalah pesawat angkut militer taktis bermesin jet. Dapat membawa muatan 26 ton, atau lebih besar dibandingkan C-130 Hercules.

Pesawat mampu melakukan berbagai misi seperti mengangkut kargo dan menerjunkan pasukan, evakuasi medis, pencarian dan penyelamatan, pemadam kebakaran, serta misi kemanusiaan.

Armada C-390 saat ini telah beroperasi dengan Angkatan Udara Brasil, Angkatan Udara Portugal dan Angkatan Udara Hungaria.

Sejumlah negara lain juga telah memesannya seperti di antaranya Austria, Ceko, Arab Saudi dan Korea Selatan. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *