Perkuat kerja sama, Panglima Komando Operasi Udara I kunjungi markas RSAF

Pangkoopud I kunjungi Markas RSAF dan melihat F-15SGTNI AU

AIRSPACE REVIEW – Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) I, Marsekal Muda TNI Mohammad Nurdin, melaksanakan kunjungan kehormatan ke markas Republic of Singapore Air Force (RSAF). Kunjungan dalam rangka memperkuat kerja sama antara TNI AU dan RSAF.

Pangkoopsud I diterima oleh Commander Air Combat Command (ACC) RSAF Brigadier General Lim Kok Hong, di Peach Garden, Singapura, (17/9).

Keesokan harinya Pangkoopsud I melakukan courtesy call dengan Chief of Staff Air Staff (COS/AS) RSAF Brigadier General Ho Kum Luen di Kantor Kementerian Pertahanan Singapura (MINDEF).

Dalam pertemuan tersebut, Brigadier General Ho menegaskan pentingnya menjaga dan meningkatkan kerja sama antara TNI AU dan RSAF untuk stabilitas kawasan, mengingat peran strategis Indonesia di Asia Tenggara.

Sementara Pangkoopusd I menyampaikan harapan agar hubungan bilateral ini tetap terjaga baik termasuk latihan bersama antara TNI AU dan RSAF dapat terus ditingkatkan, khususnya yang berada di wilayah teritorial Komando Operasi Udara I untuk memperkuat interoperabilitas kedua Angkatan Udara.

Pangkoopsud I dan delegasi kemudian melanjutkan lawatan ke Pangkalan Udara Paya Lebar dan diterima oleh Brigadier General Lim Kok Hong dan pejabat utama RSAF.

Pada kesempatan tersebut Pangkoopsud I dan delegasi mendapatkan paparan tentang struktur organisasi RSAF dan ACC. Rombongan juga meninjau pesawat tempur F-15SG dalam rangka memperkuat kerja sama strategis melalui latihan dan kolaborasi teknis di masa depan.

Pangkoopsud I juga meninjau Civil Military Cooperation in Air Traffic Management (CMAC) di Singapore Air Traffic Control Centre (SATCC).

Kerja sama CMAC antara Indonesia dan Singapura bertujuan untuk memastikan jalur komunikasi aktif guna mencegah pelanggaran kedaulatan udara dan menjamin keselamatan penerbangan, khususnya pasca perjanjian realignment Flight Information Region (FIR) antara kedua negara. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *