Ini dia, drone Supercam S350 yang dipamerkan pertama kali di ADEX 2024

Supercam S350_Supercam

AIRSPACE REVIEW – Drone pengintai Supercam S350, yang dibuat oleh Unmanned Systems Group of Companies dari Rusia, dipamerkan ke wilayah Kaspia untuk pertama kalinya di Pameran Industri Pertahanan Internasional ke-5 ADEX-2024, yang diselenggarakan di Baku, Azerbaijan pada 24-26 September.

Supercam S350 adalah drone kelas ringan berdesain sayap terbang dengan jangkauan komunikasi video lebih dari 70 km.

Perusahaan mengatakan, drone ini adalah alat yang optimal untuk pemantauan udara dalam spektrum tampak dan inframerah, fotografi udara, dan pemindaian laser.

Fitur-fitur kompleks ini meliputi efisiensi perakitan UAV (drone), elemen komposit modular, muatan yang dapat dipertukarkan dan digabungkan dengan platform giroskop terpadu, sistem untuk melepaskan konsol sayap selama pendaratan untuk mencegah kemungkinan kerusakan, stabilitas penerbangan, dan pengendalian yang baik.

Drone Supercam S350 mampu menjalankan tugas kapan saja sepanjang hari dan dalam berbagai kondisi cuaca. Drone ini dilengkapi dengan motor listrik dan terbang hampir tanpa suara.

Supercam S350 diluncurkan dengan bantuan ketapel (pneumatik atau elastis), dan mendarat dengan parasut.

Perusahaan menambahkan, drone ini telah membuktikan dirinya baik dalam tugas sipil maupun selama operasi militer khusus (SMO).

Beberapa minggu yang lalu Supercam S350 tampil luar biasa selama latihan di Kirgistan yang diadakan oleh Organisasi Perjanjian Keamanan Kolektif (CSTO).

Atas keberhasilan tersebut, salah satu operator drone ini mendapatkan penghargaan dari Menteri Pertahanan Kirgistan.

Di wilayah Kaspia, Supercam S350 dapat digunakan untuk tugas-tugas seperti patroli di perbatasan negara, menjaga hukum dan ketertiban serta memastikan keamanan, pemantauan lingkungan, pencarian orang, pemantauan infrastruktur perusahaan minyak (termasuk jaringan pipa, anjungan lepas pantai), serta fotografi udara untuk pekerjaan geodetik dan kartografi.

Keunggulan penggunaan Supercam S350 di kawasan Kaspia adalah ukuran dan bobotnya yang kecil dibandingkan dengan drone yang lebih berat yang diproduksi oleh negara lain dengan karakteristik teknis yang sebanding.

Drone Supercam S350 memiliki kemampuan manuver dan kemudahan pengoperasian, peluncuran dan transportasi, serta komunikasi yang andal dengan stasiun kontrol darat, yang disediakan oleh pemancar dengan daya radiasi tinggi dan sensitivitas penerima UAV yang tinggi.

Di pameran ini perusahaan juga menampilkan seluruh lini produk, terdiri dari Supercam SX350 VTOL, drone kompak Supercam S150, dan UAV multirotor Supercam X4 serta Supercam X4E.

Perusahaan menandaskan, Unmanned Systems Group siap mempertimbangkan kemungkinan untuk mendirikan pusat layanan di negara-negara kawasan Kaspia, serta membahas kemungkinan untuk mendirikan produksi lokal, bila syarat-syarat terpenuhi.

Unmanned Systems Group of Companies adalah perancang dan produsen sistem pesawat nirawak, sistem optik-elektronik, dan perangkat lunak dengan merek Supercam.

Perusahaan menyediakan siklus penuh pengembangan dan produksi sistem pesawat nirawak Supercam. Perusahaan ini juga memiliki pusat pelatihan bersertifikat sendiri untuk pelatihan operator. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *